Tips Untuk Mengatasi Penyakit Korep Pada Ayam

Penyakit Kurap, atau yang lebih dikenal dengan sebutan korep pada ayam adalah penyakit yang dapat mengganggu kesehatan ayam jika dibiarkan begitu saja. Penyakit ini ditandai dengan adanya lapisan kulit berwarna putih mengelupas yang disebabkan oleh bakteri-bakteri. Penyakit ini biasanya menyerang di bagian jengger atau muka ayam. Sebelum kita mulai membahas tips untuk mengatasi penyakit korep pada ayam, kita akan membahas faktor dan penyebab ayam bisa terkena penyakit korep terlebih dahulu. Faktor dan penyebabnya sebagai berikut:

• Udara yang lembab.

•  Kurang berjemur.

• Menggunakan spons yang sama berulang ulang saat memandikan ayam.

• Kurang bersih saat memandikan ayam.

Berikut adalah tips untuk mengatasi penyakit kurap/korep pada ayam yang paling disarankan :

terdapat 2 macam obat, yakni obat luar ( salep ) dan obat oral, untuk penjelasannya sebagai berikut :

1. Penggunaan obat luar

Jika penyakit koper masih terhitung ringan, hanya cukup menggunakan minyak goreng bekas, dioleskan saja secara rutin 1 hari 2 kali selama 1 minggu. Bisa juga menggunakan Betadine, sebelum diteteskan, pastikan daerah yang terkena korep dibersihkan terlebih dulu. Kita juga bisa menggunakan bawang putih, karena bawang putih berperan sebagai obat anti bakteri, caranya adalah bawang putih ditumbuk hingga halus lalu dioleskan ke permukaan yang terkena korep.

Jika terkena korep yang menggangu, gunakan minyak goreng yang dicampur dengan belerang, bisa juga menggunakan minyak rem (DOT3). untuk cara pemakaiannya cukup dioleskan 2 kali sehari selama seminggu secara rutin.

Jika penyakit korep terbilang cukup parah, maka gunakan salep ALBER-T. Salep ini memang agak sulit ditemui karena termasuk barang impor, meskipun begitu, salep ini terbukti ampuh untuk penyakit korep. Jika sulit menemukan salep ALBER-T, bisa menggunakan salep lain seperti daktarin. Jangan menggunakan salep yang terlalu keras seperti zoralin atau kalpanax.

2. Penggunaan obat oral

Untuk pengobatan korep ringan, bisa menggunakan cicak. Pilihlah cicak yang berwarna cerah. Berilah ayam makan cicak 1 kali sehari selama 3 hari. Sobat juga bisa menggunakan kadal sebagai pengganti cicak, karena kadal juga terkenal bisa mengobati penyakit kulit.

Jika penyakit korep tergolong sangat parah, maka bisa menggunakan obat mizoral. Berikan kepada ayam 1 butir sehari selama 1 minggu. Biasanya korep akan sembuh sebelum 1 minggu. Obat ini memiliki efek samping menurunkan stamina ayam. Untuk alternatif lain bisa menggunakan Nizoral, Ketosonasol, Formico sesuai dengan dosis.

Demikian tips untuk mengatasi penyakit korep pada ayam aduan anda. Semoga bermanfaat.

 

One Comment:

  1. Pingback: Gejala Penyakit Kurap Pada Ayam - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *