Tips Mengatasi Ayam Ngorok

Penyakit ngorok pada ayam bukanlah sesuatu yang mengherankan lagi. Banyak ayam yang sering mengalami penyakit ngorok atau yang biasa disebut CRD (Chcronic Respiratory Disease). Sebelum kita mulai membahas tips mengatasi ayam ngorok, saya akan mengupas sedikit tentang apa itu penyakit ngorok/CRD.

Ngorok/CRD disebabkan oleh virus bakteri Mycoplasma Galisecticum yang masuk melewati rongga hidung dan bulu getar. Penyakit ini umumnya dikarenakan kandang ayam yang kotor, penataan lantai kandang(litter) yang kotor, ventilasi yang buruk, kelembapan pada kandang dan suhu pada kandang juga ikut mempengaruhi munculnya bakteri ini. Untuk mengatasi penyakit ini, biasanya para botoh menggunakan bahan-bahan tradisional dan alami yang mudah didapatkan.

Berikut adalah tips untuk mengatasi ayam ngorok :

1. Bawang Putih

Bawang putih terkenal karena mengandung zat anti bakteri, tapi selain mengandung anti bakteri, ternyata bawang putih juga bisa meredakan masalah pernafasan pada ayam adu. Untuk penggunaannya sendiri juga mudah, parut bawang putih, lalu sarinya diambil, lalu dicampurkan dengan air hangat. Minumkan ke si ayam tersebut. berikan 2 kali 1 hari di pagi hari dan sore hari. Bawang putih juga berfungsi sebagai obat cacing dan juga menambah nafsu makan pada ayam.

2. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh/belimbing sayur yang rasanya asam ini ternyata dipercaya bisa mengobati ayam yang ngorok lho. Caranya, ayam dikork menggunakan air hangat terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian ambil 1 belimbing wuluh yang sudah kita tekan-tekan sedikit dan langsung diberikan kepada ayam. Berikan 1 kali sehari di pagi hari sebanyak 2-3 hari.

3, Buah Mengkudu

Buah mengkudu dapat digunakan untuk mengobati ngorok pada ayam juga. Sebaiknya beriikan mengkudu yang matang/pace.Ambil buah pace matang, lalu dibersikan kemudian di iris-iris seukuran jari. Lolohkan irisan buah mengkudu ke ayam. Berikan irisan ini 1 kali 1 hari dipagi hari atau sore hari. Sebaiknya pemberian buah mengkudu dilakukan sebelum ayam makan.

4. Getehan

Getehan adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh di semak belukar. Biasanya getehan ini dapat ditemukan di daerah Pantai Utara Jawa. Penduduk di daerah pantai sering menggunakan getehan untuk mengatasi ngorok pada ayam. Tanaman ini memang agak langka dan sulit ditemukan, jadi jika sobat sekalian sulit menemukannya maka bisa menggunakan alternatif lain. Untuk pemberian getehan pada ayam, kita mengambil buahnya yang sudah matang. Biasanya buah yang sudah matang ditandai dengan warna merah dan daun yang terbuka lebar. Caranya adalah buah getehan ditumbuk, ambil sarinya, lalu kemudian berikan kepada ayam. Konon katanya pemberian sari getehan 1 kali bisa langsung sembuh lho. Jika esoknya tidak langsung sembuh, ulangi pemberiannya 1 kali sehari pada sore atau malam hari.

5. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu bahan tradisional yang sudah terkenal di berbagai daerah. Khasiatnya pun sudah teruji dengan baik. Cara penggunaannya adalah : ambil 3-7 helai daun sirih kemudian direbus. Akan lebih baik bila sobat menggunakan  daun sirih yang berwarna merah. Rebus dengan 1 gelas air, kemudian rebusan air disaring dan dicampur dengan perasan 1 buah jeruk nipis kemudian diberikan ke ayam yang sakit. Cukup 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

6. Jeruk Nipis

Mencampur Jeruk nipis dengan kecap manis bukanlah hal yang aneh bukan? tidak hanya berlaku bagi manusia saja, ternyata cara inipun bisa dicoba ke ayam sobat sekalian. Cara pembuatannya : peras jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh, lalu tambahkan kecap manis secukupnya, kemudian berikan ke si ayam. Berikan ramuan ini setiap pagi hari sampai si ayam sembuh.

7. Obat anti ngorok

Bagi sobat yang tidak ingin meracik ramuan diatas, kalian bisa mencoba membeli obat anti ngorok di toko-toko obat terdekat. Umumnya sobat sekalian diberikan Mycomas atau Tetracolin. Atau ada juga yang memberi obat yang dikonsumsi manusia seperti Bodrex Flu dan Batuk sebanyak 1 tablet sehari. Meskipun terdengar aneh dan tidak mungkin, tapi hasilnya adalah ayam pun perlahan mulai sembuh.

Demikian tips mengatasi ayam ngorok. Sobat sekalian bisa mencoba salah satu tips yang saya berikan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

2 Comments:

  1. Pingback: Perbedaan S128 dan SV388 - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Mengobati Ayam Aduan Ngorok 5 Menit Langsung Sembuh - TIPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *