Tips Mengatasi Amonia Di Peternakan

Sabung Ayam Online – Dewasa ini, dunia unggas sudah berkembang pesat dan sangat membantu pemerintah dalam menyediakan sumber protein hewani bagi masyarakat. Banyak orang yang sudah ikut dalam usaha ini. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang terkadang menjadi permasalahan dan tidak ditanggapi oleh para pengusaha ternak, yaitu amonia. Jika tidak ditangani dengan serius, hal ini akan berdampak parah. Berikut ini adalah tips mengatasi amonia di peternakan.

Cara Mengatasi Amonia Di Peternakan

Tips Mengatasi Amonia Di Peternakan

Bau dari kotoran ayam mengandung amonia beserta gas lainnya. Hal ini tentu berdampak negatif bagi kesehatan kita dan peternakan. Jika tidak ditangani dengan serius, maka hal ini dapat menjurus pada kerugian. Amonia dapat menyebabkan iritasi dan keracunan. Efek amonia pada ayam pertama kali dikemukakan pada tahun 1950 di amerika bahwa amonia menyebabkan iritasi mata atau keratokunjungtivitis di peternakan.

Amonia merupakan gas yang tidak berwarna, lebih ringan dari udara dan memiliki bau menusuk. Gas ini dihasilkan dari pemecahan kotoran ayam secara bakterial dan bersifat beracun. Selain itu amonia juga mengandung hidrogen sulfida, karbondioksida dan methnane. Ini lah yang menjadikan amonia sangat berbahaya bagi kesehatan. Terdapat beberapa faktor penyebab amonia, seperti dibawah ini.

1. Kelembaban

2. Suhu

3. Kepadatan dalam kandang

4. Sirkulasi udara

5. Alas kandang

Tips Mengatasi Amonia Di Peternakan

Untuk mengurangi bau yang timbul dari peternakan ayam, kita dapat melakukan beberapa cara seperti memperbaiki ventilasi udara, pemberian pakan (feed additif) dan pemberian ransum dengan asam amino yang imbang. Bahan lain untuk mengurangi amonia adalah penggunaan kapur pada kotoran ayam. Hal ini dapat mengurangi pelepasan gas amonia.

Selain itu kita juga dapat melakukan penyemprotan zat zeromon. Cara ini terbukti efektif dalam menghilangkan amonia. Untuk hasilnya sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, maka bau amonia berkurang. Penyemprotan zeromon secara berkala juga dapat mencegah bau amonia timbul serta mencegah datangnya penyakit lain. Ini karena zat zeromon juga berperan sebagai disinfektan yang membunuh bakteri penyebab penyakit.

Demikian pembahasan mengenai tips mengatasi amonia di peternakan. Semoga bermanfaat.

Bagi kalian yang gemar bermain sabung ayam online, kalian dapat mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk menikmati permainan tersebut.

ayam-promo-maret-2019 (1)

 

Baca juga : Tips Mengatasi Bau Kotoran Ayam Aduan

One Comment:

  1. Pingback: Mengatasi Ayam Yang Ketakutan - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *