Tips Mencegah Penyakit AE Pada Ayam

Sabung Ayam Online – Avian Encephalomyelitis atau AE adalah panyakit yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga picornaviridae. Penyakit ini umumnya menyerang anak ayam yang berusia 1-4 minggu. Sedangkan jika menyerang ayam dewasa hanya akan mengakibatkan penurunan pada produksi telur ayam diantara 5-25%. dan dapat memengaruhi daya tetas telur. Semua jenis unggas dapat terserang penyakit ini. Pada kali ini kita akan membahas tips mencegah penyakit AE pada ayam.

Mengetahui Cara Mencergah Penyakit AE Pada Ayam

Tips Mencegah Penyakit AE Pada Ayam

Seperti yang sudah kita ketahui, virus AE menyebabkan penurunan produksi pada ayam. Namun gejala yang timbul masih belum terlalu jelas menunjukan angka kematian pada unggas. Menurut informasi, penyakit ini biasanya ditularkan melalui telur. Sebelum membahas tips mencegah penyakit AE pada ayam, alangkah baiknya kita mengetahai gejala penyakitnya terlebih dahulu. Dibawah ini merupakan gejalanya.

Gejala Penyakit AE

Gejala yang timbul dari anak ayam yang terkena penyakit ini adalah akan terlihat sayu, lalu ayam akan berjalan sempoyongan. Selain itu leher dan kepala ayam gemetar dan ayam akan jatuh dan kedua kaki ayam terjulur ke satu sisi. Hingga pada akhirnya ayam lumpuh lalu mati. Pada ayam petelur seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa terjadi penurunan produksi telur. Dan juga bila ayam tersebut menetaskan telurnya, maka pasti ayam terserang penyakit tersebut.

Cara Mencegah Penyakit AE

• Kita dapat memberikan vaksin pada ayam melalui air minum atau produk kombinasi dengan vaksin cacar. Cara ini dapat diberikan dengan disuntikkan pada selaput sayap ayam.

• Ayam yang dikhawatirkan sebagai pembawa penyakit ini dapat dicukur terlebih dahulu bulunya sebelum dipasarkan. 

• Kandang dan peralatan makan ayam harus dibersihkan dengan rutin menggunakan disinfektan.

• Untuk anakan ayam yang menderita AE, usahakan ayam tersebut dimusnahkan dengan cara membakarnya atau dikubur. Tujuan ini dimaksudkan agar penyakit ini tidak menyebar luas.

• Berikan vaksin untuk ayam kita, terutama untuk ayam yang masih muda.

• Dikarenakan penyakit ini dapat menular melalui telur, maka kita harus memastikan bahwa bibit yang berasal dari induknya bebas dari AE.

Demikian pembahasan tentang tips mencegah penyakit AE pada ayam. Semoga bermanfaat.

Untuk kalian yang gemar bemain Live Casino, Slot, Bola, Tembak Ikan dll. Kalian dapat mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk bermain permainan tersebut.

12onlinegamingdotvip

 

Baca juga : Tips Mencegah Ayam Diserang Virus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *