Tips Memilih Anakan Ayam Aduan Berkualitas

Untuk mendapatkan ayam aduan yang berkualitas tidak hanya melalui proses latihan dan perawatan saja, tapi juga melalui bibit-bibit unggul atau anakan yang berkualitas. Kita memang tidak bisa langsung menilai apakah anakan ayam memang berkualitas atau tidak. Biasanya akan bisa terlihat ketika anakan ayam menginjak usia lebih dari 5 bulan. Maka kali ini saya akan membagikan tips memilih anakan ayam aduan berkualitas.

 

Mata anakan yang berkualitas biasanya mempunyai ciri mata yang bening, jernih, alis menonjol, dan mata yang agak menjorok ke dalam. Ciri-ciri diatas biasanya menunjukkan bahwa nanti ayam akan memiliki tingkat kewaspadaan yang baik saat bertanding.

2. Kepala anakan ayam

Anakan ayam yang berkualitas memiliki kepala yang berbentuk menyerupai burung jalak. Ciri-cirinya terlihat dari bentuk kepalanya yang terlihat tebal, kulit tipis, dan panjang. Dengan memiliki ciri-ciri ini nantinya ayam akan memiliki penampilan yang berkharisma, kuat menahan pukulan dari ayam lain, dan tidak rewel saat terluka.

3. Paruh anakan ayam

Paruh anakan ayam yang berkualitas adalah yang dibagian atas paruhnya memiliki garis putih yang agak sama dengan burung rajawali dan warna paruhnya sama dengan warna ruas pada kakinya. Ciri demikian menandakan bahwa nanti saat dewasa, ayam akan memiliki patukan yang tajam. kuat, dan juga mematikan.

4. Kaki anakan ayam

Bagian kaki pada ayam adu merupakan bagian yang paling penting, karena sangat menunjang dalam pertandingan ayam adu. Anakan yang berkualitas mempunyai kaki dengan jari yang terbuka lebar dan normal, bentuk kaki yang proposional, lutut yang cenderung menjorok ke belakang, dan memiliki sisik yang kering. Ciri seperti yang diatas menunjukkan ayam tersebut nanti akan memiliki tendangan yang akurat dan terarah.

5. Tulang anakan ayam

 

Struktur dan bentuk tulang pada ayam adu sangat penting terhadap kualitas anakan ayam. Tulang-tulang tersebut meliputi tulang badan,leher,dan kaki.

Tulang badan anakan yang berkualitas adalah yang memanjang dari tulang dada sampai tulang belakang. Tulang dada biasanya besar dan tebal dan saat diraba tulangnya harus keras dan rapat.

Tulang kaki pada anakan ayam terbagi menjadi 2 jenis, persegi dan bulat. Anakan ayam yang berkualitas memiliki tulang kaki yang berbentuk bulat. Biasanya tulang yang bulat memiliki tendangan yang kuat dan tajam

Tulang leher anakan ayam yang baik memiliki tulang yang agak panjang, besar,dan rapat. Tulang leher yang seperti ini akan lebih fleksibel dalam pergerakkannya dan sangat berguna pada saat pertandingan.

Tips yang diatas adalah untuk anakan ayam bangkok. Demikian tips memilih anakan ayam aduan yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

 

2 Comments:

  1. Pingback: Kelebihan Dan Kelemahan Ayam Magon 12sabungayam

  2. Pingback: Ciri Ayam Bangkok Lancuran Yang Berkualitas - TIPS 12onlinegaming

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *