Shamo Si Ayam Super

Sobat sabung pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama shamo, ya si ayam aduan super yang berukuran berbeda dari ayam aduan lain alias super. Kali ini saya akan mengupas sedikit tentang shamo si ayam super yang terkenal ini.

Sobat tentu saja sudah tahu ayam jenis yang satu ini, mendengar namanya saja sudah bisa membuat kita terheran-heran karena ukuran dan bobot tubuh nya yang dianggap tak wajar ini. Mari kita langsung membahas tentang si shamo ini.

1. Asal usul shamo

Ayam shamo berasal dari Thailand, sama seperti saudaranya si ayam Bangkok. Meskipun tidak sepopuler ayam Bangkok, popularitas ayam shamopun tidak kalah dengan saudaranya. Sebenarnya ayam shamo terdapat di 2 daerah, daerah Thailand dan Jepang, namun shamo dari Thailand lebih banyak diminati oleh orang-orang Indonesia. Hal ini mungkin dikarenakan popularitas ayam Bangkok dari Thailand yang sudah banyak diketahui oleh penduduk di Indonesia.

2. Jenis dan ciri shamo

ayam shamo juga ada beberapa jenis berdasarkan ukurannya. Berikut adalah jenis dan ciri dari ayam shamo :

– Jenis ayam shamo :

• O Shamo : versi terbesar di dunia dari shamo dengan bobot badan 6-8 kg.

• Chu Shamo : versi ukuran sedang dari O Shamo.

• KO Shamo : versi kecil/kate dari O Shamo.

– Ciri ayam shamo :

• Memiliki paruh yang tebal serta kokoh sehingga kuat dalam menggigit.

• Memiliki dada yang bidang dan tegap.

• Memiliki jengger yang berbelah tiga.

• Memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari ayam Bangkok dan mata yang cerah seperti ayam Bangkok dari Thailand.

• Memiliki otot yang  terlihat jelas dan bahu yang menonjol.

Itu dia penjelasan dari jenis dan ciri ayam Shamo. Selain terkenal akan ukuran tubuh yang lebih besar dibanding ayam lain, ternyata ayam Shamo merupakan salah satu ayam aduan yang terkenal dengan kelincahan dan semangat yang berapi-api sehingga ayam Shamo diberi julukan raja ayam petarung dan Raja Gamefowl. Saat ini ayam Shamo juga digunakan sebagai silangan untuk menghasilkan ayam aduan yang berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *