Rahasia Ampuh Mengobati Penyakit Pada Ayam

Bagi pecinta sabung ayam atau peternak ayam, tentu tidak menginginkan ayam anda sakit.
Meski diberikan perawatan yang cukup baik, kadang kala cuaca yang berubah-ubah bisa membuat ayam peliharaan anda terserang penyakit. Kali ini kami akan membahas beberapa jenis penyakit dan rahasia ampuh mengobati penyakit pada ayam.

Beberapa Rahasia Ampuh Mengobati Penyakit Pada Ayam

Ada bermacam-macam jenis penyakit pada ayam dan ada pula rahasia ampuh mengobatinya.

1. Ayam Lumpuh

Untuk pengobatan tradisional, bisa digunakan daun wiyono dan kapur sirih atau daun kemangi dan ragi tape,dicampur lalu dilumuri ke kaki ayam yang lumpuh. Obat lain bisa menggunakan Linucid, umumnya tersedia di apotek. Jika kaki ayam yang lumpuh karena salah urat, bisa diobati dengan minyak tawon. Gosokkan minyak tawon ke kaki ayam setiap sore, sebelum dikandangkan. Minyak tawon yang bagus bisa didapatkan dari Ujungpandang. Dalam satu minggu pasti kaki ayam akan kembali normal. Jika lumpuh di sendi antara kaki dan paha ada seperti luka, bisa diolesi minyak tanah pada area yang sakit. Jika kelumpuhan disebabkan oleh tungau, maka cara untuk mematikan tungau adalah dengan air godokan serai.

2. Sakit mata dan mata berair

Jika setiap pagi anda melihat mata ayam anda ada kotoran, hingga siang hari mata ayam tertutup, coba perhatikan apakah ada cacing berbentuk seperti rambut namun berwarna putih bening, Jika memang ada, tetesilah area mata ayam dengan air tembakau, maka cacing akan keluar. Jika mata tertutup namun tidak ada cacing, tetesi mata ayam dengan air daun katuk setiap petang selama tiga hari. Daun katuk ditumbuk dan diperas, lalu diteteskan. Bisa juga dengan air daun sirih atau daun jeruk nipis. Cara ini memang membuat perih mata ayam, namun ini merupakan cara mengobati sakit mata pada ayam yang ampuh.

3. Korep

Jika terdapat bercak putih pada wajah ayam, dapat dipastikan ayam tersebut terkena penyakit korep (java). penyakit korep muncul umumnya setelah ayam di sabung. Korep dapat juga menyebabkan bulu dikepala ayam rontok.

Cara mengobati korep

Cara mengobatinya dengan memandikan ayam dengan air rebusan daun sirih. Setelah ayam dimandikan, oleskan obat salep kulit pada bagian yang terdapat bercak putih. Ayam jangan dimandikan lagi selama masa pengobatan. Olesi salep dengan rutin hingga bercak putih menghilang.

Cara agar mencegah korep kembali muncul, dengan mengoleskan salep Albert T atau Nosip 2×1 hari, tipis saja selama dua hari. Jangan terkena air atau dimandikan selama diolesi obat. Tunggu sampai 5 hari kemudian cucilah atau lap dengan menggunakan kain yang dibasahi minyak goreng yang dicampur Tetra Chlor jangan terlalu basah. Jangan terkena air dalam 10 hari. Sebelum diolesi salep, sebaiknya bulu ayam yang terkena korep, dicabuti terlebih dahulu agar kulit terbuka dan terkena matahari sehingga cepat kering.

Harap diperhatikan penggunaan jenis obat. Jangan menggunakan obat berbahan dasar air, seperti Canesten, Daktarin atau Mikoral. Obat-obat tersebut akan membuat korep semakin menyebar. Pakailah obat berbahan vaselin atau minyak seperti Albert Tnosip, 888, dan Cap anak anjing. Oleskan tipis-tipis agar kulit tidak gosong.

Untuk obat minum, berikan Neujoral atau Omegzole. Untuk korep ringan berikan 1 butir, dan korep parah berikan 1 butir setiap 2 hari. Selama masa pengobatan, ayam bangkok anda jangan dimandikan.

Berak Kapur

Ayam Berak Kapur siba dapat di selamatkan dengan memberi antibiotik. Dan berikan buah-buahan sebagai vitamin alami untuk ayam anda. Seperti buah pisang,tomat, pepaya atau buah-buahan yang banyak mengandung air.

Influenza

Ayam yang terserang flu cukup diberi antibiotik dan air minum ditakar secukupnya.

Cacingan

Jika ayam bangkok anda cacingan, beri isi pinang muda yang sudah di bagi 3, lalu di celup di di minyak goreng dingin. Biarkan ayam anda memakannya.

Gangguan Tembolok

Ayam yang mengalami gangguan tembolok, jika baru satu malam, maka berikan minum yang banyak. Dengan cara di masukkan air ke dalam mulut ayam lalu beri tomat.

Panas dalam

Ayam bangkok yang panas dalam di istirahatkan dan air minum di los selama 2 hari.

Sariwan

Bukan hanya manusia, ayam pun mengalami sariawan. Berilah Vitamin B IPI.

Bulu Ayam Berdiri

Jika ayam bangkok anda bulunya berdiri dan wajahnya berwarna merah padah, segera bawa kedokter hewan. Atau beri antibiotik 500mg, dan air minum di los karena ayam yang sudah diberi antibiotik tinggi akan mengalami kehausan yang tinggi.

Ayam Ngorok

Beri jeruk nipis diperas ke asam gunung. Lalu diperas ke mulut ayam pagi dan sore.

Itulah beberapa rahasia ampuh mengobati penyakit pada ayam yang bisa anda terapkan.
Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Penyakit Snot Pada Ayam

12onlinegaming merupakan agen sabung ayam online terpercaya. Pecinta sabung ayam wajib untuk mencoba permainan S128 dan SV388 yang tersedia didalamnya. Daftar segera dan dapatkan bonus deposit 10%, bonus cashback 5% dan bonus kemenangan 100% win beruntun.

2 Comments:

  1. Pingback: Penyakit Ayam Bangkok Yang Mematikan - Sabung Ayam Online | Daftar S128 & SV388

  2. Pingback: Cara Mengatasi Penyakit Kolera - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *