Pola Makan Yang Baik Untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Setelah kita melakukan perawatan fisik dan mental pada ayam, pola makanan yang diatur untuk si ayam juga harus diperhatikan. Pola makan ayam aduan harus kita jaga sebaik-baiknya dengan teratur dan disiplin, sehingga nanti pada saat kita melatih senam dan jajal, ayam tidak akan mengalami kekurangan gizi atau sakit kuning. Pola makan yang baik untuk ayam aduan sebagai berikut :

Tips Cara Pemberian Makan Yang Baik Untuk Ayam Aduan

Pola Makan Yang Baik Untuk Ayam Aduan

1. Ayam Tipe Pukul

Makanan yang diberikan untuk tipe ini harus yang banyak mengandung karbohidrat dan protein guna untuk memperkuat otot si ayam. Kandungan lemak juga sangat penting untuk ayam tipe pukul sebagai cadangan tenaganya. Makanan utama yang biasanya diberikan adalah Jagung yang sudah direndam semalaman ataupun campuran antara Jagung gabah dengan perbandingan 1:1.

Pemberian olahan ini diberikan di setiap pagi hari setelah ayam selesai latihan senaman dan pada sore hari setelah selesai latihan lari. Apabila pada sore hari ayam latihan jajal, maka makan sore tidak perlu diberikan.

Dalam pemberian racikan ini, untuk porsinya tidak perlu terlalu banyak sampai si ayam kekenyangan, tetapi sesuai dengan bobot tubuh ayam. Jangan lupa untuk memberikan ayam minum jika makannya sudah habis.

 2. Ayam Tipe Jalu

Untuk tipe ayam ini, makanan utama harus mengandung karbohidrat, akan tetapi tidak mengandung terlalu banyak protein dan lemak. Ayam jalu memerlukan kelincahan pukulan dari kandungan karbohidrat yang penting untuk tenaganya

Sedangkan kandungan lemak dan protein hanya akan membuat bobot ayam bertambah berat dan pembentukan otot yang tidak maksimal. Makanan yang biasa diberikan untuk ayam adalah gabah rendaman murni atau campuran gabah jagung.

3. Vitamin/Suplemen

Vitamin/Suplemen untuk ayam aduan biasanya diberikan di malam hari sebelum si ayam tidur, hal ini berguna agar seluruh kandungan gizi yang diberikan dapat diserap dengan baik oleh ayam. Vitamin/suplemen yang diberikan rutin setiap harinya adalah vitamin A, B Complex, C, D, E, K yang masing-masing 1 butir. Vitamin yang diberikan tidak perlu yang mahal, kita bisa menggunakan bahan alami seperti gula merah, buah tomat, dan telur puyuh.

Demikian pembahasan mengenai pola makan yang baik untuk ayam aduan. Semoga bermanfaat.

Untuk para botoh yang hobi bermain Sabung Ayam Online, bisa langsung mengunjungi  situs kami di 12onlinegaming.

Baca juga : Jenis Buah Yang Baik Untuk Ayam 

2 Comments:

  1. Pingback: Manfaat Ulat Hongkong Bagi Ayam Unggulan - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Tips Menambah Nafsu Makan Ayam Aduan - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *