Pakan Alternatif Pengganti Pakan Ternak Ayam

Pakan adalah salah satu makanan pokok bagi ayam yang paling banyak menyerap anggaran atau biaya dalam budidaya ternak ayam. Apalagi jika anda beternak ayam besar-besaran, tentu itu akan menghabiskan biaya dengan cepat jika anda menggunakan pakan yang dibeli dari pabrik. Untuk itu para bobotoh ayam harus mencari cara lain untuk memberi pakan alternatif pengganti pakan ternak ayam.

Ada beberapa bahan pakan ternak ayam alternatif lokal yang bisa anda gunakan untuk dijadikan pakan. Seperti bahan yang terbuat dari nabati maupun hewani juga bisa dijadikan sebagai pakan alternatif untuk ternak ayam. Apa saja bahan pakan alternatif tersebut, mari kita simak dibawah ini.

Baca Juga : Pakan Alternatif Ayam Aduan Sejak Usia Dini Hingga Dewasa

Beberapa Jenis Pakan Alternatif Pengganti Pakan Ternak Ayam

Pakan Alternatif Pengganti Pakan Ternak Ayam

Ada terdapat 2 jenis bahan yang cocok digunakan sebagai pakan alternatif untuk ternak ayam yaitu nabati dan hewani.

1. Dedak Halus

Dedak adalah bahan yang cocok untuk dijadikan pakan alternatif ayam yang didapat dari limbah penggilingan padi. Namun sebelum itu, pertama-tama anda harus menghaluskan limbah tersebut, kemudian baru diberikan kepada ayam.

2. Jagung

Jagung adalah salah satu produk pertanian yang paling populer dan sering dimanfaatkan. Anda juga bisa mencampurkan jagung-jagung yang telah diserut ke dalam dedak halus.

3. Bungkil Kelapa

Pakan alternatif lainnya yaitu bungkil kelapa. Jenis pakan ini dihasilkan dari limbah pembuatan minyak kelapa. Bungkil kelapa bisa digunakan sebagai bahan dasar ransum pakan ternak ayam.

4. Singkong

Singkong adalah bahan dasar pakan alternatif untuk ayam yang sudah terkenal di Indonesia. Produksi singkong pun di Indonesia termasuk terbesar di urutan nomor 3 di dunia.

5. Bekicot

Bekicot merupakan hewan berlendir yang dapat anda jumpai di sawah-sawah. Hewan yang satu ini pun mudah dibudidayakan, sehingga harganya sangat murah dibandingkan pakan pokok.

6. Tepung Tulang/Hewani

Tepung tulang yang digunakan sebagai bahan pakan alternatif untuk ayam digunakan sebagai bahan sumber mineral. Selain tepung tulang, juga terdapat tepung hewani lainnya seperti tepung kerang, tepung udang dan tepung ikan. Bahan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pakan alternatif pokok dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan bahan pakan pokok.

Nah, itulah bahan-bahan pakan alternatif yang dapat dijadikan sebagai pakan pokok untuk ayam ternak anda.

Agen 12sabung ayam menawarkan permainan taruhan Sabung Ayam Online yang dapat anda mainkan melalui smartphone dan juga komputer. Ayo gabung bersama kami di 12onlinegaming.

promo sabung ayam online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *