Merawat Kulit Dan Bulu Ayam Aduan Dengan Kemin

Merawat kulit dan bulu ayam aduan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh para pecinta ayam aduan. Ada berbagai cara dilakukan untuk memberi perawatan kulit dan bulu ayam, salah satunya dengan kemin. Bagaimana cara merawat kulit dan bulu ayam aduan dengan kemin? Simak penjelasannya berikut ini.

Merawat Kulit Dan Bulu Ayam Aduan Dengan Kemin

Cara Merawat Kulit Dan Bulu Ayam Aduan Dengan Kemin

Penggunaan kemin pada ayam aduan sangat populer di Thailand. Pemberian kemin ke ayam aduan dapat membuat warna bulu menjadi kuning. Ini menjadi salah satu ciri khas ayam adu impor asli dari Thailand.

Beberapa pecinta ayam adu beranggapan, bahwa penggunaan kemin pada ayam aduan hanya akan mempertebal kulit. Namun sebenarnya itu justru mempermudah sirkulasi udara pada bulu ayam aduan. 

Kulit ayam tidak memiliki jaringan keringat, ada 2 lapisan kulit ayam yaitu Epidermis dan Dermis. Epidermis merupakan bagian kulit luar yang terdiri dari sel yang mengeras dan pipih dan beberapa sel yang mati.

 Bulu pada tubuh ayam berfungsi sebagai pelindung dari suhu dingin, terutama bagian bulu-bulu yang halus. Namun pada ayam aduan, bulu halus digunakan sebagai pendingan kala bertarung. Menjaga suhu tubuh agar seimbang, dan tidak terbuang keluar. Sedangkan bulu sayap dan ekor sebagai alat terbang dan kemudi. 

Penggunaan Kemin Pada Ayam Aduan

Campurkan kemin dengan kapur sirih dengan perbandingan 1 : 1. campuran 2 bahan ini bertujuan untuk melarutkan lemak pada bulu halus yang menutupi tubuh ayam. Juga membuat air cepat meresap ketika bulu dibasahi, dan mudah menguap ketika suhu tubuh ayam meningkat seiring dengan gerakan ayam saat diadu.

Ayam akan bernapas dengan cepat, ketika merasa kepanasan. Salah satu cara untuk membuang panas tubuh dengan pemberian kemin. Kemin yang juga meluruhkan lemak pada bulu halus. Tanpa adanya lemak yang menghambat, akan mudah bagi ayam menurunkan kembali suhu tubuh saat berlaga. 

Alternatif Lain

Selain harganya mahal, kemin juga sulit didapatkan. Anda bisa menggunakan bahan-bahan pengganti seperti air rebusan jahe dan serai. 2 bahan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kemin.

Rekomendasi untuk anda para pecinta permainan sabung ayam, jangan lewatkan untuk menyaksikan permainan sabung ayam online yang ada di situs 12onlinegaming agen sabung ayam online. Tersedia dari berbagai arena internasional seperti Thailand, Filipina, Mexico dan masih banyak lagi lainnya. Saksikan segera dengan terlebih dahulu mendaftar di 12onlinegaming. Yang juga menawarkan promo bonus 100% kemenangan 7 kali beruntun dan cashback senilai 8%. Ayo saksikanlah pertarungannya dan raih hadiah ratusan juta rupiah!

Tags: