Merawat Ayam Aduan Yang Sedang Mabung

Sabung Ayam Online – Mabung atau proses pergantian buiu pada ayam aduan adalah hal yang wajar dan rutin setiap tahun. Sering kali kita tidak menyadari dan tidak merawat ayam aduan yang sedang mabung dengan benar. Pada saat memasuki masa mabung, ayam membutuhkan lebih banyak mineral dan protein yang mendukung si ayam pada waktu mengalami mabung.

Bila kebutuhan mineral dan protein pada ayam tidak terpenuhi, maka ayam akan mengalami penurunan dari segi kualitas fisiknya. Efek yang lain adalah jika ayam sedang bertarung akan terlihat lemas. Kali ini kita akan membahas cara merawat ayam aduan yang sedang mabung dengan baik dan benar.

Baca juga : Mempelajari Kelas Pada Ayam Aduan

Merawat Ayam Aduan Yang Sedang Mabung

1. Pastikan ayam kalian sudah memasuki masa mabung dengan cara melihat kandangnya apakah ada bulu yang rontok (bukan berbentuk patahan) atau tidak. Jika di cek kondisiya berlangsung selama 1 minggu, maka bisa dipastikan bahwa ayam sudah memasuki periode mabung.

2. Segeralah melakukan pencabutan pada bulu yang mati, contohnya bulu yang telah patah atau pangkal bulu yang berwarna putih.

3. BIasa nya parah botoh memberikan makanan voor 592 atau 594 yang dicampur dengan nasi yang berguna untuk mempercepat perontokkan pada bulu yang sudah tua.

4. Tempatkan ayam dikandang yang teduh dan gelap, namun tidak lembab, Hindari kandang dari sinar matahari. Akan terjadi proses perontokkan bulu yang cepat dalam 1 minggu.

5. Setelah bulu-bulu muda sudah tumbuh, mandikan si ayam, lalu dijemur sebentar kemudian ayam dimasukkan kedalam kandang yang tadi.

6. Hentikan pemberian voor jika bulu muda sudah tumbuh. Berikan beras merah yang direndam dan dicampur dengan nasi.

7. Keluarkan ayam untuk dijemur tanpa dimandikan setiap 2 hari sekali.

8. Berikan ayam injeksi vitamin B12 dan B Complex setiap 1 minggu sekali dan minyak ikan 2 butir setiap hari secara rutin.

9. Ayam yang sedang mabung dikurung dalam kandang yang tertutup kain.

10. Biarkan selama 1 minggu. Ayam jangan dipindahkan dari kandangnya dan jangan membuka kain penutupnya, kecuali untuk memberi makan dan minum.

11. Beri ayam makan uang rebon atau biasa disebut krese.

12. Selama proses ini, jangan membersihkan kotoran ayam dan jangan membuka kain penutup pada kandang ayam. Hal ini bertujuan agar kelembaban suhu di dalam kurungan tidak hilang, karena hal ini yang membuat bulu ayam cepat rontok.

13. Setelah kurang lebih seminggu saat bulu yang baru sudah tumbuh, kain penutup pada ayam sudah boleh dibuka.

14. Berikan suplemen minyak ikan pada ayam sehari 1 butir untuk mempercepat pertumbuhan bulunya. Hanya berikan selama 3 hari, jika diberikan terlalu banyak biasa nya bulu yang tumbuh tidak lembut.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara merawat ayam aduan yang sedang mabung. Semoga bermanfaat.

Bagi para botoh yang ingin bermain atau sekedar menikmati pertandingan sabung ayam secara online, maka bisa langsung mengakses website kami. Klik disini untuk mengakses website kami.

4 Comments:

  1. Pingback: Mengenal Ayam Onagadori 12sabungayam

  2. Pingback: Kesalahan Dalam Merawat Ayam Bangkok - Agen Sabung Ayam Online

  3. Pingback: Cara Mempercepat Proses Mabung Ayam - Agen Sabung Ayam Online

  4. Pingback: Penyebab Ayam Aduan Menjadi Liar Dan Cara Mengatasinya - TIPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *