Mengobati Cacingan Mata Ayam Aduan

Ayam aduan yang terkena cacingan baik itu cacing diperut maupun cacingan di mata, akan sangat mengganggu bagi ayam, terlebih lagi saat ayam diadu ayam akan kehilangan fokus. Ini akan merugikan bagi pemiliknya, sebab akan berkemungkinan ayam akan kalah diarena aduan oleh ayam lawan. Sebelum itu terjadi, sebaiknya anda mengobati cacingan mata ayam aduan terlebih dahulu. Agar ayam aduan anda dan ayam-ayam anda lainnya lebih sehat dan prima.

Mengobati Cacingan Mata Ayam Aduan

Cara Mengobati Cacingan Mata Ayam Aduan

Mengobati ayam yang cacingan harus dilakukan dengan penanganan yang tepat, agar benar-benar sembuh secara total.

Penyebab Mata Ayam Cacingan

Mata ayam yang terkena cacingan, disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi ke ayam. Virus dan bakteri muncul karena ayam tidak diberikan perawatan yang baik, kekurangan gizi dan hama yang ada disekitar kandang.

Gelaja yang timbul jika ayam terserang cacing mata, diantaranya:

  • Ayam selalu menggaruk matanya dengan kaki atau sayap
  • Mata bengkak
  • Napsu makan ayam menurun
  • Perilaku tidak nyaman
  • Diare

Berikut langkah pengobatan pada ayam aduan yang cacingan:

Karantina

Pisahkan ayam yang terserang cacingan dengan ayam yang sehat lainnya, agar mencegah penularan. Selain itu juga untuk memberikan pengobatan jadi lebih mudah.

Pembersihan Kandang

Keluarkan seluruh ayam baik yang terserang cacingan atau tidak dari kandang, namun tetap dipisahkan yang terserang dan tidak. Bersihkan kandang dengan cara dicuci dan dijemur di terik matahari langsung. Dan ganti alas kandang dengan yang baru.

Keluarkan Cacing Dari Mata Ayam

Keluarkan cacing yang telihat pada mata ayam dengan menggunakan pinset. Lakukan secara perlaha, agar badan cacing tidak terputus dan tertinggal didalam mata.

Gunakan Obat Tetes Mata

Teteskan cairan obat mata ke mata ayam yang cacingan, anda bisa mendapatkan di toko obat atau di toko pakan ayam. Untuk mengobati secara herbal, bisa menggunakan air perasan tembakau.

Itulah cara mengobati cacingan mata ayam aduan yang telah anda simak. Setelah cacingan tersingkir dari ayam aduan anda, lakukanlah pencegahan agar cacing tidak kembali muncul.

Bagi anda pecinta sabung ayam atau ayam aduan, tentu anda tidak boleh melewatkan pertandingan sabung ayam yang tersedia di 12onlinegaming agen sabung ayam online terpercaya yang kami rekomendasikan. Tersedia arena dari berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Mexico dan masih banyak arena lainnya. Daftar segra dan dapatkan promo bonus 100% kemenangan 7x beruntun.

Baca Juga :

2 Comments:

  1. Pingback: Cara Mengatasi Katarak Pada Ayam - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Mengobati Ayam Menggunakan Daun Kitolod - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *