Mengenal Ayam Pelung

Ayam pelung adalah varietas ayam dengan ukuran ayam paling besar di indonesia. Ayam pelung berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Mari mengenal ayam pelung lebih jauh.

Mengenal Ayam Pelung, Ayam Bertubuh Besar Dari indonesia

 

Mengenal Ayam Pelung

Menurut cerita yang beredar, pada tahun 1850H ada seseorang yang bernama H.Djarkasih atau sebutan Mama Acih, ia adalah seorang pecinta ayam lokal; guru agama; dan peternak di desa Bumi Kasih, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, menemukan seekor ayam jantan muda di kebunnya. kemudian ia membesarkan ayam tersebut. Ayam tersebut tumbuh dengan cepat dan juga berkokok sangat merdu. Lalu Mama Acih menamakannya Ayam Pelung.

Ayam Pelung ini memiliki postur tubuh yang tinggi besar hingga 60 cm. Bagian kepala, jengger bilah, pial dan lehernya sangat besar. Dibandingkan dengan ukuran jengger dari ras ayam lainnya, ukuran jengger ayam pelung mungkin termasuk yang terbesar di dunia.

Ukuran Tubuh Ayam Pelung

Ayam pelung tumbuh sangat cepat dibandingkan dengan ayam domestik lainnya. Ayam ini memiliki ukuran cukup besar dengan kaki yang jenjang. Bobot rata-rata ayam Pelung pejantan sekitar 4-5 kg. Bahkan sebelumnya ada yang mencapai 6-7 kg. Sedangkan bobot rata-rata betina berkisar antara 3-4 kg. Kelebihan sifat genetik ayam pelung, yang bertubuh besar dan tumbuh dengan cepat, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ayam lokal lainnya.

Warna Bulu Ayam Pelung

Warnanya sangat bervariasi, mulai dari kuning wido, hitam, putih, burik, merah bata dan juga warna lainnya. Namun, warna utama ayam Pelung pejantan adalah merah dengan dasar hitam. 

Kokokan Ayam Pelung Yang Indah

Ayam pelung memiliki suara kokokkan yang mengalun panjang dan merdu. Ayam ini juga dikenal sebagai ‘ayam bernyanyi’, karena sering ada beberapa kontes kokok ayam pelung di beberapa daerah. 

Sebagai Ayam Hias

Harga jual ayam Pelung sangat tinggi, sehingga masyarakat lebih memilih menjadikan ayam ini sebagai ayam hias atau kontes, ketimbang menjadi ayam pedaging.

Tidak Cocok sebagai Ayam Aduan

Meski ayam ini memiliki tubuh yang besar dan gagah, namun ayam ini tidak memiliki mental sebagai ayam petarung. Ayam pelung cocok sebagai ‘pelatih’ calon ayam petarung. Jika di sandingkan dengan calon ayam aduan, maka calon ayam aduan tersebut akan merasa ketakutan melihat tubuh ayam Pelung ini. Ini berguna untuk membangun mental calon ayam petarung. Ayam Pelung memiliki keistimewaan lain, yaitu kokokannya yang indah, serta ukuran tubuh yang besar.

Masyarakat Cianjur menyadari pertumbuhan ayam Pelung ini sangat cepat.  Sehingga masyarakat mengawin-silangkan ayam Pelung dengan ayam lokal lainnya. Agar memiliki turunan ayam yang berdaging tebal. Ayam-ayam silangan tersebut warga menyebutnya ayam Nagrak.

Setelah anda mengenal ayam pelung lebih jauh, anda telah memahami ayam tersebut merupakan bukan ayam aduan. Jika anda juga pecinta ayam aduan, kami juga mengulas tips memilih bibit ayam aduan berkualitas yang bisa anda simak. Jika anda juga pecinta sabung ayam, kami merekomendasikan situs 12onlinegaming, bagi anda yang menyukai permainan sabung ayam. 12onlinegaming merupakan agen sabung ayam online terpercaya, yang menyediakan permainan sabung ayam online, anda bisa menyaksikan pertandingan sabung ayam online yang juga disiarkan dari luar negeri, seperti Filipina. Daftar segera dan dapatkan bonus 100%, 7x kemenangan beruntun.

Baca Juga : Mengenal Ayam Aduan Pama

4 Comments:

  1. Pingback: Fakta Tentang Ayam Bangkok Gombong - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Mengenal Ayam Birma Kaisar - Agen Sabung Ayam Online

  3. Pingback: Ciri-ciri Ayam Pelung Yang Bagus - Agen Sabung Ayam Online

  4. Pingback: Mengenal Ayam Gaok Madura - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *