Mengenal Ayam Bekisar

12onlinegaming – Ayam bekisar merupakan satu-satunya ayam lokal yang berasal dari persilangan dua spesies ayam yang berbeda. Yakni ayam kampung betina (Gallus gallus domesticus) dan ayam hutan hijau (Gallus varius). Ayam ini populer sebagai ayam hias di jawa timur, seperti madura. Ayam bekisar ini banyak dicari orang karena keunikan karakter suara kokoknya. Selain suaranya, bentuk ayam bekisar ini juga menarik. Mari kita berbicara lebih jauh untuk mengenal ayam bekisar ini.

Mengenal Ayam Bekisar Yang Merupakan Ayam Hias

Ada 3 jenis ayam bekisar, yaitu :

Mengenal Ayam Bekisar

Gallus Aenus

Memiliki ciri jengger bergerigi delapan kecil, pial berukuran sedang, bulu pada lapisan atas berwarna ungu dan plisir kuning emas.

Gallus Temminckii

Memiliki ciri jengger bergerigi enam, pial berwarna merah jambu, bulu berwarna merah mengkilap dan plisir merah kecoklatan.

Gallus Violaceus

Memiliki ciri jengger bergerigi bagus, pial berukuran sedang, warna bulu ungu dengan permukaan yang halus.

Ayam bekisar memiliki ukuran lebih kecil, dibandingkan ukuran ayam kampung jantan. tetapi lebih besar dari pada induk jantan. Dengan Warna bulu hitam kehijauan dan mengkilap. Memiliki suara yang halus dan khas yang tersusun dari dua nada.

Ciri khusus dari fisik ayam bekisar yang paling menonjol adalah, bentuk ujung bulu lehernya  yang membulat , bentuk gelambir yang besar. Dan pial yang besar dengan tepi membulat. Ayam bekisar biasanya mandul (infertile), karena merupakan hasil persilangan antara dua jenis ayam yang berbeda. Namun tidak semuanya demikian.

Ada pula ayam bekisar (jantan atau betina) yang jila dikawinkan dengan ayam kampung menghasilkan keturunan. Keturunan ayam ini disebut Bekikuk. Bentuk dan posturnya sama dengan bentuk ayam bekisar, hanya kadang-kadang pial dan bulu lehernya berbeda.

Baca Juga : Mengenal Jenis Ayam Bangkok Super



3 Comments:

  1. Pingback: Tips Memotong Taji Ayam Aduan - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Mengenal Ayam Indio Gigante - Agen Sabung Ayam Online

  3. Pingback: Jenis-jenis Ayam Bekisar - Sabung Ayam Online | Daftar S128 & SV388

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *