Mengatasi Ngantuk Pada Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Bagi para botoh pasti sudah pernah melihat ayamnya mengalami penyakit ngantuk. Penyakit ngantuk/snot bisa menyerang ayam masih kecil ataupun dewasa. Penyakit ini ditandai dengan ciri mata yang mengeluarkan busa dan air, hidung berair dan ayam terdengar sedang ngorok. Berikut adalah cara mengatasi ngantuk pada ayam aduan :

Mengatasi Ngantuk Pada Ayam Aduan

Penyakit ngantuk/snot pada ayam biasanya muncul dikarenakan sinkron perubahan cuaca dari kemarau ke hujan dan sebaliknya. Penyakit inipun mudah menular melalui ayam yang berdekatan, kandang atau melalui pakan dan minuman. Penyakit snot merupakan penyakit yang berbahaya bagi ayam karena bisa sampai menimbulkan kematian dengan cepat.

Untuk pencegahan penyakit ini sendiri, bisa dengan cara membersihkan kandang dari kotoran yang menumpuk karena akan menyebabkan kelembaban pada kandang sehingga akan membuat ayam pilek atau snot. Usahakan ayam terkena sinar matahari langsung, tapi tetap dilindungin dari hujan karena jika ayam terkena hujan maka stamina ayam akan menurun dengan drastis.

Untuk mencegah penularan penyakit ini sebaiknya ayam yang sudah terkena penyakit ini kandangnya dipisahkan dari ayam lain yang sehat dan jangan berdekatan. Bagi kalian yang ayamnya terkena penyakit ini tidak perlu khawatir, karena kita akan membahas cara mengatasi ayam yang terkena penyakit snot yaitu sebagai berikut :

Obat Untuk Pengobatan Ayam Ngantuk

1. Untuk mengobati penyakit ini kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi ayam aduan dan bisa digunakan oleh ayam selain ayam aduan. Cara pembuatannya adalah siapkan 200 gram tepung beras, tambahkan dengan kencur 150 gram dan jahe secukupnya lalu ditumbuk sampai halus.

Setelah sudah halus, aduk sampai rata dan tambah sedikit air, jangan sampai terlalu encer. Kemudian adonan dibentuk sampai menyerupai pil dengan ukuran 3 kali lebih besar dari pil bodrex lalu dijemur hingga kering. Setelah sudah kering berikan obat kepada ayam yang sakit. Berikan setiap pagi dan sore hari sampai si ayam sembuh. Biasanya hanya dalam sekitar 2 hari ayam aduan akan sembuh.

2. Penyakit ini juga bisa diobati dengan bantuan obat kimia, akan tetapi kurang aman bagi ayam aduan karena jika ayam mengonsumsi obat kimia akan membuat ayam mudah lelah dan kurang bertenaga. Obat ini lebih cocok jika dikonsumsi oleh ayam lain selain ayam aduan. Contoh obat yang biasa dipakai diantaranya adalah Eritromisin, Sulfatiasol, Sulfadimektosin, Strepsomisin dan Sulfametasin.

Demikian pembahasan pada kali ini mengenai mengatasi ngantuk pada ayam aduan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Baca juga : Manfaat Cacing Untuk Ayam Aduan

2 Comments:

  1. Pingback: 5 Warna Ayam Aduan Yang Tidak Populer - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Mengatasi Ayam Bangkok Bantat - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *