Melatih Ayam Adu Agar Jadi Petarung Unggul

Agar ayam dapat menjadi petarung unggul, maka stamina ayam harus baik. Untuk meningkatkan stamina pada ayam dapat dilakukan dengan cara latihan fisik dan mental, memberi pakan bergizi, memberi suplemen dan vitamin, serta istirahat yang cukup agar ayam memiliki tenaga untuk menjalani latihan-latihannya. Latihan pada ayam umumnya dilakukan 30 hari sebelum ayam akan diadu. Latihannya meliputi, latihan leher, kaki, badan, dan sayap. Berikut adalah cara melatih ayam adu agar jadi petarung unggul :

1.  Latihan leher dan badan

Biasanya dilakukan dengan memutar leher serta tubuh ayam ke kanan dan kiri. Putaran dilakukan sebanyak 30 kali pada masing-masing sisi dengan durasi 1 detik/putaran. Cara ini dianggap akan membuat leher ayam menjadi lebih lentur dan mudah menekuk pada saat mencari kepala lawan dan badan ayam akan terbiasa berputar saat bertarung nanti.

 

2. Latihan kaki

Untuk latihan kaki cukup menekan punggung ayam ke arah bawah sambil mendorong ke depan sebanyak 30 kali/hari. Latihan yang kedua adalah dengan mengangkat ayam dengan kedua tangan kalian lalu diperhatikan gerakan kakinya. Pastikan kaki si ayam meronta dan mengeluarkan pukulan. Jika sobat ingin kualitas pukulan ayam yang kuat dan terarah, maka lakukan latihan ini secara rutin sekitar 10 menit setiap sesi latihan.

3. Latihan sayap

Latihan sayap dilakukan dengan mengangkat badan ayam setinggi-tingginya dengan kedua tangan kita, lalu 1 tangan menahan dada ayam dan 1 tangan lagi memegang sayapnya, kemudian lepaskan tangan dari dada ayam sambil tangan yang satu lagi diturunkan searah dengan jatuhnya ayam. Ulangi sebanyak 5-10 kali.

Selain melatih fisik ayam, mental ayam juga harus dilatih. Kalian dapat melatihnya dengan cara mengadakan sparing dengan ayam lain agar ayam semakin baik dalam hal kemampuan, keberanian dan pengalaman dalam mengadapi lawannya. Sparing dapat dilakukan 7 hari sekali selama 30 hari sebelum ayam bertanding di arena. Dan pastikan juga ayam aduan sobat dalam kondisi fit, jangan terlalu memaksakan ayam anda untuk berlatih.

Demikian cara melatih ayam adu jadi petarung unggul. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *