Manfaat Dan Efek Samping Vitamin Yang Diberikan Pada Ayam Aduan

Pemberian vitamin ke ayam aduan tentu memberikan keuntungan yang banyak. Tentunya ayam aduan anda akan memiliki kondisi tubuh yang sehat, prima dan bersemangat. Namun, jika diberikan secara berlebihan, ayam akan mengalami beberapa hal buruk pada tubuhnya. Mari kita ulas manfaat dan efek samping vitamin yang diberikan pada ayam aduan.

Manfaat Dan Efek Samping Vitamin Yang Diberikan Pada Ayam Aduan

Mengetahui Manfaat Dan Efek Samping Vitamin

Manfaat Dan Efek Samping Vitamin Yang Diberikan Pada Ayam Aduan

Vitamin-vitamin yang diberikan ayam sangat bermanfaat namun juga memiliki efek samping yang harus di perhatikan, agar tidak ada masalah pada kondisi tubuh ayam aduan. Berikut beberapa manfaat vitamin dan efek sampingnya.

Vitamin A

Manfaat vitamin A dan E mampu meningkatkan jumlah sperma ayam pacek yang hanya memproduksi sedikit sperma dan kurang bergairah atau loyo.

Efek samping: Jika diberikan secara berlebihan pada ayam aduan, dapat mengakibatkan gangguan pada sendi, seperti bengkak.

Vitamin B

Vitamin B sangat penting, untuk aktivitas enzim dan metabolisme ayam aduan. Vitamin B dapat dihasilkan dari wortel,pisang,telur,madu, kedelai,dan gandum. Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air sehingga efek sampingnya kecil.

Efek samping: Jika memberikan vitamin B secara berlebihan, membuat ayam aduan malas makan. Jika demikian, berikan ayam air minum yang lebih banyak dari biasanya.

Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat tinggi. Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran hijau. Seperti tomat, jeruk, melon dan lain sebagainya.

Efek samping: Jika berlebihan memberikan vitamin C, membuat kontraksi usus lebih terangsang dan dapat menyebabkan ayam diare.

Vitamin D

Memberikan vitamin D pada ayam aduan untuk dikonsumsi sebenarnya tidak perlu. Sebab ayam aduan telah mendapatkan vitamin D secara alami ketika di ayam dijemur. Kulit dan bulu ayam dapat memproduksi Vitamin D, apabila terkena sinar ultra violet dari matahari.

Efek samping: Jika memberikan vitamin D berlebihan ke ayam aduan, dapat merusak beberapa organ dalam ayam, seperti hati.

Vitamin E

Manfaat dan efek samping vitamin yang diberikan pada ayam aduan berikutnya adalah vitamin E. Vitamin E dikenal sebagai vitamin pembangkit gairah, sebab berperan dalam pembentukan hormon seksualitas. Kurang mengkonsumsi vitamin E dapat membuat ayam menjadi malas untuk kawin. Dan juga memiliki mental yang lemah.

Efek samping: Jika diberikan secara berlebihan, dapat meningkatkan emosional pada ayam aduan. Sehingga ayam menjadi pemarah karena tekanan darah yang meningkat.

Namun, anda bisa memberikan vitamin E dengan dosis 15 IU perhari, untuk mencukupi kebutuhan vitamin didalam tubuhnya.

Itulah manfaat dan efek samping vitamin yang diberikan pada ayam aduan, yang telah anda simak. Berilah vitamin sesuai takaran yang pas, agar ayam tidak mengalami overdosis yang dapat memberikan efek buruk pada ayam aduan.

Bagi anda pecinta sabung ayam atau ayam aduan, tentu anda tidak boleh melewatkan pertandingan sabung ayam yang tersedia di 12onlinegaming agen sabung ayam online terpercaya yang kami rekomendasikan. Tersedia arena dari berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Mexico dan masih banyak arena lainnya. Daftar segera dan dapatkan promo bonus 100% kemenangan 7x beruntun.

Baca Juga :

One Comment:

  1. Pingback: Efek Pemberian Antibiotik Untuk Ayam - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *