Manfaat Cacing Untuk Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Memiliki ayam yang kuat adalah kunci dari kemenangan. Tidak hanya sekedar latihan rutin, untuk pemberian pakan dan vitamin pada ayam juga harus diperhatikan. Seperti yang kita tahu cacing sebagai makanan ayam bukanlah hal yang baru lagi, bahkan dalam serial kartun pun menunjukkan cacing sebagai makanan utama untuk ayam. Pada kali ini kita akan membahas manfaat cacing untuk ayam aduan.

Manfaat Cacing Untuk Ayam Aduan

Sebagai Asupan Protein Bagi Ayam Aduan

Cacing tanah adalah makanan yang baik untuk tubuh ayam. Selain mengandung protein tinggi, cacing tanah juga mengandung asam amino yang bagus untuk tubuh ayam. Untuk pemberian makanan cacing tanah bisa diberikan 2 kali seminggu dengan dosis 2-4 ekor cacing tanah sebesar pensil.

Cara pemberiannya : pertama-tama cacing dibersihkan dari kotoran yang ada didalam tubuhnya, kemudian dipotong kecil-kecil agar mudah dicerna oleh ayam. Jika pemberian makan cacing ini dilakukan secara rutin, pada saat ayam diadu akan memiliki stamina yang stabil dan tidak mudah lelah hingga airan keempat. Pemberian cacing juga meningkatkan bobot pukulan ayam,menjadikannya lebih stabil.

Sebagai Bahan Pengobatan Bagi Ayam Aduan

Bukan hanya sekedar memberi ayam asupan nutrisi lebih, cacing tanah juga bermanfaat menjadi obat bagi ayam yang sedang sakit. Cacing tanah berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit pada ayam aduan diantaranya adalah :

• Obat diare

Diare atau mencret adalah penyakit umum yang sering ditemui oleh kita. Cacing tanah menjadi salah satu obat tradisional untuk penyakit diare karena cacing tanah memiliki kandungan antibakteri sehingga mencegah bakteri E.Coli dan shigella berkembang biak.

• Melancarkan Peredaran Darah

Cacing tanah memiliki kandungan enzim yang bermanfaat untuk menghancukan lemak jahat yang menyumbat pada sirkulasi darah ayam sehingga melancarkan sistem peredaran darah si ayam.

• Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, cacing mengandung protein yang membantu proses aktifitas biologis tubuh ayam, khususnya dalam meningkatkan kekuatan si ayam dalam pertandingan. Cacing tanah juga memiliki kandungan enzim, seluosa, dan katalisator yang dibutuhkan ayam untuk proses metabolismenya.

Demikian pembahasan tentang manfaat cacing untuk ayam aduan. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Ciri Kepala Ayam Aduan Berkualitas

One Comment:

  1. Pingback: Mengatasi Ngantuk Pada Ayam Aduan - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *