Manfaat Bekicot Untuk Ayam Aduan

Soban sabung tahukah kalian bekicot ternyata memiliki khasiat untuk ayam aduan lho. Selain terkenal karena bisa mengobati luka akibat goresan, ternyata bekicot memiliki manfaat untuk ayam aduan juga. Sebelum kita membahas manfaat bekicot untuk ayam aduan, mari kita menggali sedikit informasi tentang si binatang berlendir yang 1 ini.

Perlu kita ketahui ternyata daging bekicot mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus untuk hewan ternak. Daging bekicot kaya akan protein, karbohidrat, lemak, zat besi, kalsium,sodium, fosfor dan berbagai vitamin seperti A,B12 dan E. Banyak juga peternak yang menggunakan bekicot, bahkan ada yang membudidayakan bekicot ini karena sangat mudah ditemukan di indonesia, dan bekicot juga digunakan sebagai sarana untuk berhemat sebagai pengganti tepung ikan.

Manfaat bekicot untuk ayam aduan adalah sebagai berikut :

1. Mencegah penyakit korep/kurap pada ayam

Faktanya, bekicot ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah penyakit kurap pada ayam aduan. Banyak yang percaya bahwa kandungan lendir pada bekicot bisa membunuh bakteri penyebab kurap/korep.

2. Menyehatkan bulu ayam

Kandungan asam amino yang terdapat di dalam bekicot berguna untuk memperkuat bulu ayam sehingga tidak mudah rontok. Daging bekicot juga memiliki kandungan yang hampir sama dengan minyak ikan yang berfungsi mempercepat pertumbuham bulu ayam yang sedang mabung dan membuat bulu ayam terlihat mengkilap.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh ayam

Daging bekicot mengandung vitamin B dan B12 yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh ayam. Daging bekicot juga dapat meningkatkan nafsu makan pada ayam aduan.

4. Menyembuhkan luka dengan cepat

Pada lendir bekicot mengandung enzim khusus yang berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Jika mengkonsumsi daging bekicot kemungkinan besar bisa menyembuhkan luka dengan cepat.

5. Memperpanjang nafas pada ayam

Menurut orang-orang bekicot dapat memperpanjang nafas pada ayam. Jika pada manusia bekicot dapat mengobati asma, maka tidak heran jika efeknya untuk ayam sedemikian rupa.

6. Memperlancar peredaran darah ayam

Daging bekicot mengandung protein yang berfungsi untuk membuat kerja jantung menjadi lebih baik sehingga peredaran darah lancar. Jika peredaran darah lancar akan membuat warna kulit pada ayam lebih merah dan meningkatkan stamina pada ayam.

7. Mempercepat pertumbuhan ayam

Selain untuk memperlancar peredaran darah pada ayam, ternyata daging bekicot juga sangat bagus untuk membantu pertumbuhan pada ayam. Dalam setiap 100 gram daging bekicot mengandung protein sebesar 12% yang baik untuk pertumbuhan ayam sehingga ukuran tubuh ayam maksimal.

Demikian pembahasan mengenai manfaat bekicot untuk ayam adu. Semoga bermanfaat bagi sobat sabung sekalian.

One Comment:

  1. Pingback: Manfaat Vaksin Bagi Ayam Aduan - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *