Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam

Sabung Ayam Online – Bawang putih adalah salah satu bahan yang kita gunakan sebagai bumbu dapur, Ternyata bawang putih juga dipakai oleh para botoh sebagai obat alami. Kandungan zat dan vitamin pada bawang pun sangat banyak, sehingga tidak heran lagi jika bawang putih dipakai untuk ayam aduan. Berikut adalah manfaat bawang putih untuk ayam.

Manfaat Bawang Putih Untuk Ayam

Dalam bawang putih terkandung banyak zat berupa kalsium, diallysulfide, lemak, protein, fosfor dan zat besi yang sangat baik untuk melengkapi asupan si ayam. Manfaat-manfaat bawang putih untuk ayam diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengobati Ayam yang Terkena Pukul Saraf

Pada saat ayam selesai bertanding tentu saja tidak luput dari yang namanya terkena pukulan saraf yang bisa sampai membuat ayam sakit berhari-hari. Bawang putih mengandung saltvine yang bisa mengobati jaringan saraf si ayam. Cara pemberiannya adalah melolohkan bawang putih langsung atau dicampur dengan obat herbal lain seperti jamu.

2. Mengobati Cacingan

Cacingan pada ayam adalah penyakit yang mengganggu sistem pencernaan si ayam. Biasanya para botoh menggunakan obat kimia atau buah pinang. Banyak yang belum mengetahui jika ternyata bawang putih bisa menjadi obat cacing untuk ayam. Cara penggunaannya adalah dengan melolohkan bawang putih ke ayam secukupnya.

3. Mengobati Kurap

Bawang putih bisa digunakan untuk mengobati kurap pada ayam, tapi hanya jika kurap pada ayam baru muncul atau belum parah. Kita bisa mengobatinya dengan cara menggosokan bawang putih pada daerah yang terkena kurap.

4. Sebagai Antiseptik

Bawang putih bisa dijadikan sebagai antiseptik untuk mengobati infeksi dan peradangan pada ayam. Caranya : ayam yang infeksi dibersihkan dengan air yang dicampur dengan bawang putih atau bisa juga dengan air rebusan daun sirih agar cepat kering dan bebas dari kuman.

5. Menguatkan Paruh Ayam

Ayam harus memiliki paruh yang kuat agar tidak mudah patah saat mematuk dan tahan pukulan. Bawang putih bisa membantu mempercepat pertumbuhan paruh ayam dan menguatkan paruh ayam, memang belum ada penjelasan ilmiahnya, tetapi khasiat bawang putih sudah terbukti di masyarakat.

6. Mengobati Pilek

Ayam biasanya terkena penyakit pilek karena perubahan iklim. Bawang putih memiliki senyawa alicin yang berguna untuk membunuh virus dan bakteri yang ada pada ayam.

Demikian artikel tentang manfaat bawang putih untuk ayam. Semoga bermanfaat.

Bagi sobat sabung yang hobi dan suka bermain Sabung Ayam Online, bisa langsung mengunjungi website kami 12onlinegaming.

 

Baca juga : Cara Budidaya Ayam Ketawa 

One Comment:

  1. Pingback: Jenis Vitamin Untuk Ayam Aduan - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *