Macam-macam Suplemen Untuk Ayam Bangkok

Apakah sobat sekalian tau bukan hanya manusia saja yang mengkonsumsi suplemen, bahkan hewan pun butuh suplemen juga lho. Kali ini saya akan memberitahukan kepada sobat sabung macam-macam suplemen untuk ayam Bangkok.

1. Suplemen Pencernaan

Bila merasa ayam anda mempunyai masalah dengan pencernaannya, maka dianjurkan untuk pemberian suplemen alami berupa kunyit. Kunyit berguna untuk membersihkan saluran pencernaan pada ayam anda dari penumpukkan kotoran. Cukup diberikan 1/4 jempol kunyit yang sudah diparut dan diloloh ke mulut ayam tersebut.

2. Suplemen Tulang

Bila ingin ayam anda bergerak dengan lincah dan gesit maka dibutuhkan tulang yang kuat. Agar tulang ayam anda kuat maka suplemen yang harus diberikan adalah berupa pil kalsium, contohnya pila caiq yang bisa anda dapatkan dari apotik terdekat.

3. Suplemen Pertumbuhan Bulu

Jika ayam anda memiliki pertumbuhan bulu yang lambat atau sedang mengalami masa mabung, anda bisa memperbaikinya dengan memberikan suplemen berupa pil minyak ikan. Untuk pemberiannya tidak perlu terlalu sering, cukup beri 1×1 butir untuk 1 kali masa mabung atau jika diperlukan saja.

4. Suplemen Protein

Suplemen ini sangat cocok bagi yang merasa ayamnya memiliki perumbuhan yang lambat karena penyerapan protein pada ayam yang tidak optimal. Untuk suplemennya sendiri terbuat dari bahan yang mudah didapatkan. Untuk membuatnya, langkah pertama siapkan telur puyuh, direbus, kemudian dilumatkan hingga halus. dan lolohkan ke mulut ayam anda sedikit demi sedikit. Semakin sering diberikan, maka hasilnya akan lebih bagus. Lebih bagus lagi jika diberikan kepada ayam yang memiliki tipe ayam pukul.

5. Suplemen Kesegaran

Jika ayam anda kelihatan pucat dan lesu, anda bisa memberikan buah tomat yang matang. Buah tomat merupakan suplemen alami yang bagus untuk ayam tarung. Tomat juga mengandung vitamin C yang bagus ayam tarung. Untuk pemberiannya sangat mudah, cukup siapkan 1/2 tomat, dilumatkan, kemudian diberikan ke ayam anda. DIsarankan untuk memberikannya minimal 1-2 minggu sekali.

6. Suplemen Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting untuk ayam tarung, karena itu pemberian suplemen karbohidrat sangat dianjurkan untuk meningkatkan penyerapan dalam sistem pencernaan ayam anda. Suplemen ini juga penting untuk meningkatkan stamina pada si ayam yang akan diadu. Bahan yang diperlukan ialah gula merah. Cara pembuatannya mudah, cairkan gula merah yang berukuran 1/2 jempol tangan dengan air hangat, kemudian diberikan kepada ayam ketika sudah dingin. Berikan ramuan ini pada malam hari, tepat sehari sebelum ayam akan diadu.

Pemberian suplemen-suplemen yang disebutkan tadi tidaklah wajib. Suplemen diberikan hanya ketika dibutuhkan saja. Demikian macam-macam suplemen untuk ayam bangkok yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *