Macam-macam Ayam Hias Terpopuler

Sabung Ayam Online – Sobat sabung, jika selama ini kita mengira bahwa ayam hanya dijadikan sebagai petarung, petelur dan pendaging saja, maka kita sudah salah menilai ayam. Faktanya ayam tidak hanya dijadikan petarung dalam aduan dan petelur atau pendaging saja, namun ayam juga ada jenis hiasnya lho. Penasaran? mari kita lihat macam-macam ayam hias terpopuler ini :

Macam-macam Ayam Hias Terpopuler

1. Ayam Ring Neck Pheasant

Ayam ini merupakan jenis ayam pegar yang berasal dari keluarga phasianidae yang memiliki 35 spesies dan 11 genera. Ayam yang berasal dari negri tirai bambu dan tibet ini memiliki daya tahan tubuh yang bagus serta tidak mudah terkena penyakit. Jenis ayam ini banyak menuai perdebatan dimasyarakat karena sebagian orang mengira bahwa ring neck adalah jenis burung karena postur tubuhnya, tapi ada juga yang mengatakan ring neck adalah jenis ayam karena menghabiskan waktu diatas tanah. Walaupun bisa terbang, ayam ring neck hanya terbang ketika dalam bahaya saja.

2. Ayam Kukuak Balenggek

Ayam lokal yang satu ini tidak kalah dengan ayam lainnya. Ayam yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki pesonanya sendiri lho. Memang dari segi tampilan terlihat hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya, tetapi ayam ini malah masuk daftar macam-macam ayam hias terpopuler lho. Ayam kukuak ini memang jarang terdengar karena popularitasnya kurang dari para pesaingnya ayam bekisar dan ayam ketawa, selain itu juga dikarenakan minimnya informasi dan publikasi tentang ayam kukuak membuat nama ayam ini nyaris tak terdengar. Padahal potensi ayam kukuak tidak kalah juga dengan para pesaing lokal yang lainnya. Tetapi untungnya belakangan ini masyarakat ayam kukuak mulai terdengar dan digemari oleh masyarakat karena kokokkannya yang khas dan memiliki irama yang betingkat mulai dari 3-12 lenggek, bahkan ada yang mampu hingga 19 lenggek tergantung genetik dan cara pelatihannya.

3. Ayam Serama

Ayam serama berasal dari malaysia. Ayam ini memang memiliki tubuh paling kecil jika dibandingkan jenis ayam lainnya. Tinggi ayam ini hanya sekitar 15-20 cm dan beratnya hanya sekitar 350-500 gram saja. Meskipun memiliki tubuh yang mungil, harga ayam ini tidak kalah fantastis dengan para saingannya, di tempat asalnya, malaysia, seekor serama super kualitas konser, serama berusia 9 bulan bisa mencapai 25 juta lho. Jika diindonesia ayam serama usia 3 bulan dijual seharga 500 rb – 2 juta rupiah hanya untuk kualitas standarnya. Tetapi untuk serama 3 bulan yang memiliki kualitas kontes, harganya bisa mencapai 5 juta rupiah, dan jika telah dewasa, harga ayam ini bisa mencapai 10 juta rupiah.

4. Ayam Batik

Sesuai dengan namanya, ciri khas ayam batik atau yang biasa disebut ayam sebright ini adalah motifnya yang menyerupai batik. Ayam batik terbagi menjadi 2 jenis, masing-masing jenis juga berasal dari tempat yang berbeda. Ayam batik itali memiliki perpaduan antara warna hitam dan putih, sedangkan ayam batik kanada memiliki warna hitam keemasan.

5. Ayam Kalkun

Siapa yang tidak mengenal jenis unggas yang satu ini? meskipun agak aneh, namun ayam kalkun termasuk dalam macam-macam ayam hias terpopuler lho. Jenis unggas yang biasa menjadi santapan di negara Amerika dan Eropa ini ternyata dijadikan sebagai ayam hias juga lho. Dibalik tubuhnya yang besar dan wajahnya yang aneh, ayam kalkun memiliki penampilan yang anggun dan elegan.

6. Ayam Poland

Dilihat dari penampilan saja sudah kelihatan unik ya sobat sabung. Sesuai dengan namanya, ayam ini berasal dari negara Poland atau Polandia. Ayam poland sendiri kini suda terkenal dikalangan masyarakat indonesia. Ayam poland sebenarnya adalah tipe ayam petelur, namun banyak masyarakat yang menjadikan ayam ini sebagai ayam hias karena bulu nya yang mirip jambul dan rambutnya yang selalu kelihatan rapi.

7. Ayam Kapas

Ayam kapas adalah salah satu ayam hias yang unik dan bisa dibilang menggemaskan karena bulunya yang putih serta lembut saat kita pegang. Mungkin sobat sekalian tidak tahu bahwa ayam kapas memiliki 2 warna lain, yaitu hitam dan coklat. Ayam kapas berasal dari negri tirai bambu cina dan diperluas oleh Marcopolo ke berbagai negri di Eropa. Selain unik dan menggemaskan, ternyata banyak orang meyakinin bahwa ayam kapas dengan daging yang berwarna hitam dapat menghindari reumatik dan lain-lain. Biasanya daging ayam kapan diolah dengan dijadikan sup ginseng ayam dan harganya fantastis.

8. Ayam Mutiara

Jenis ayam hias yang satu ini termasuk ayam favorit para penggemar ayam hias. Ayam yang berasal dari Afrika ini memiliki keunikan dan daya tarik sendiri, selain bulunya yang bercorak unik, ayam mutiara juga memiliki suara yang bising serta menghasilkan banyak telur lho. Jika kalian ingin memiliki ayam yang bertelur banyak mungkin ayam ini sangat cocok dengan kalian.

9. Ayam Pelung

Bagi yang tidak menyukai ayam hias yang kecil, mungkin ayam pelung akan cocok untuk kalian. Ayam hias yang berasal dari indonesia ini memiliki suara kokokan yang sangat panjang dan berukuran seperti ayam bangkok. Ayam ini dapat berkokok 1-2 menit dan ayam ini memiliki berat sekitar 5-6 kg dan tinggi 40-50 cm. Meskipun dari segi penampilan tidak terlalu anggun dan menawan, tetapi ayam pelung tetap masuk dalam daftar macam-macam ayam hias terpopuler di indonesia.

10. Ayam Cemani

Yang terakhir adalah ayam cemani, jika sobat sekalian ingin memiliki ayam yang lain dari yang lain, maka ayam ini jadi pilihan yang tepat. Ayam cemani merupakan ayam lokal asli dari indonesia. Alasan mengapa ayam cemani dikatakan unik dan lain dari yang lain adalah karena ciri khas dari ayam ini yang serba hitam, dimulai dari mata, paruh, bulu, kaki, bahkan konon katanya sampai darah dan tulangnya pun hitam. Karena sangat langka dan unik ayam ini sampai dijuluki “lamborghini” indonesia sebab harganya yang sangat mahal.

Demikian pembahasan tentang macam-macam ayam hias terpopuler. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian.

Kami juga menyediakan permainan sabung ayam online seperti S128 dan SV388. Untuk info lebih lanjut silahkan klik disini.

3 Comments:

  1. Pingback: Cara Meningkatkan Kekuatan Ayam Petarung 12sabungayam

  2. Pingback: Mengenal Ayam Bekisar - Sabung Ayam Online | Daftar S128 & SV388

  3. Pingback: Jenis-jenis Ules Ayam Bali - Sabung Ayam Online | Daftar S128 & SV388

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *