Keistimewaan Ayam Cemani

Sabung Ayam Online – Ayam cemani merupakan ayam hias termahal dari indonesia. Ayam cemani terbilang cukup langka karena harga untuk seekor anakan ayam cemani yang berumur satu hari saja sudah dihargai senilai Rp.2.5juta di pasar amerika. Bahkan harga tersebut bisa semakin meningkat jika dijual di pasar gelap. Apa yang menjadi keistimewaan ayam cemani? Mari kita ulas selengkapnya.

Keistimewaan Ayam Cemani

Keistimewaan Ayam Cemani yang Belum Banyak Diketahui

Dibalik harga ayam cemani yang mahal, ayam yang memiliki warna serba hitam ini menyimpan segudang misteri, keistimewaan dan keajaiban yang tidak banyak orang ketahui. Berikut keistimewaan ayam cemani.

Ayam Cemani Sudah Terkenal Sejak Zaman Majapahit

Menurut cerita dari masyarakat kota Temanggung, ayam cemani, berasal dari jawa tengah dan sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pemilik pertama ayam cemani adalah petapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan.
Namun, pada kala itu ayam cemani memiliki paruh berwarna putih, dan pernah digunakan untuk mengobati penyakit seorang anak pejabat di daerah tersebut. Akhirnya, dan bisa menyembuhkan penyakit anak tersebut.

Setelah menjadi media pengobatan, ayam cemani di kawin silangkan dengan dengan ayam lain yang juga berwarna hitam. Dari hasil perkawinan tersebut, terciptalah ayam yang keseluruhan badannya berwarna hitam legam. Karena itulah ayam tersebut dinamakan ayam cemani, yang diambil dari bahasa sansekerta yang artinya ayam hitam legam.

Ayam Cemani Menjadi Pelengkap Upacara Adat Atau Ritual

Warna hitam legam menjadi keistimewaan ayam cemani. Dengan keunikan warnanya, ayam ini dipercaya oleh masyarakat memiliki kekuatan magis. Juga di percaya mampu menolak bala yang berasal dari mahkluk halus. Sampai saat ini, di indonesia masih dilakukan kegiatan semacam itu. Namun, mitos dan kepercayaan tersebut hingga kini belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Ayam Cemani Dapat Mendatangkan Keberuntungan

Warna hitam pada ayam cemani tidak hanya di bagian luar tubuhnya saja, melainkan kulit, daging, darah hingga tulangnya pun berwarna hitam. Ini menjadi penyebab munculnya berbagai kepercayaan di kalangan masyarakat. Banyak yang beranggapan ayam cemani ini dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Semakin hitam ayam cemani yang dimiliki, semakin beruntung pula pemilinya.

Namun, kepercayaan ini belum bisa dibuktikan kebenarannya. Meski demikian, masyarakat indonesia masih mempercayai mitos tersebut. Sebenarnya kepercayaan tersebut merupakan hal yang tidak benar.

Ayam Cemani Mulai Langka

Populasi ayam cemani mulai menurun secara drastis. Hal ini menyebabkan harga ayam cemani sangat mahal. Berdasarkan data yang ada, jumlah ayam cemani di seluruh dunia, hanya terdapat sekitar 3.500 ekor saja.
Juga disebabkan oleh tingkat pengembangbiakan ayam cemani sangat terbatas, hanya bisa dibudidayakan di indonesia dan beberapa daerah di eropa.

Penyebab Warna Hitam Pada Ayam Cemani

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengapa ayam cemani berwarna hitam. Menjadi perbedaan yang mencolok dari ayam jenis lainnya, sehingga membuat kepercayaan dan mitos bagi masyarakat. Hasil penelitian warna hitam pada ayam cemani merupakan kondisi genetik unik yang di sebut Fibromelanosis. 

Pecinta ayam tentu juga memiliki ayam unggulan seperti ayam bangkok. Ayam bangkok biasanya menggunakan jagoannya untuk bertarung dengan ayam lain. Selain mengasah keunggulan ayam jagoannya, juga bisa menghasilkan uang dari taruhan ayam yang sedang di tarungkan. Jika anda terlalu sayang menggunakan ayam bangkok jagoan anda, anda tetap bisa bertaruh dengan hanya menyaksikan pertandingan sabung ayam live di situs 12onlinegaming agen sabung ayam online. Dapatkan bonus kemenangan 100% , jika anda bertaruh 7 kali dan menang semuanya.

promo sabung ayam online - 12onlinegaming

Baca Juga : Jenis-jenis Ayam Ketawa

3 Comments:

  1. Pingback: Manfaat Ayam Cemani Bagi Kesehatan - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Berbagai Mitos Ayam Cemani - BERITA SABUNG AYAM

  3. Pingback: Fakta Ayam Cemani - Sabung Ayam Online | Daftar S128 & SV388

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *