Jenis Mata Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Jenis mata ayam aduan juga berpengaruh dan memiliki kelebihannya masing-masing terhadap si ayam tersebut. Kita semua juga tau bahwa dalam dunia sabung ayam setiap ayam memang telahir berbeda dari ujung kepala hingga ujung kaki. Biasanya gaya bertarung ayam bisa dilihat hanya dari matanya saja. Berikut adalah jenis mata ayam aduan dan penjelasannya.

Jenis Mata Ayam Aduan

1. Mata Jalak Putih

Ciri-ciri matanya berwarna putih kemerah-merahan, ayam ini memiliki pertarungan dan pukulan yang kuat, namun mentalnya lambat panas seperti mesin diesel. Tetapi jika ayam yang memiliki mata ini sudah terdesak, ayam ini akan berusaha mencari jalan keluar untuk melepaskan diri.

2. Mata Api

Mata ini hampir seluruhnya berwarna merah marah dan berbintik merah. Jika dilihat dari kejauhan, terlihat sangat sadis dan kejam. Kelebihan mata ini adalah mentalnya yang tidak mudah goyang dan tidak kabur dari lawannya serta tidak takut pada ayam jenis apapun.

3. Mata Gagak

Mata yang satu ini memiliki warna yang hampir seluruhnya hitam. Kelebihan ayam ini adalah gaya bertarungnya yang sadis dengan naluri yang tinggi. Tapi banyak para botoh yang mengatakan bahwa jenis mata ini banyak memilih lawan bertarungnya.

4. Mata sutra

Ciri-ciri dari mata ini adalah berwarna oranye dengan dilingkari warna hitam. Mata ini memiliki jiwa bertarung yang agresif dan insting membunuh yang ganas. Ayam yang memiliki jenis mata ini biasanya tidak bertarung dengan lama karena tikaman yang kuat.

5. Mata Raja

Mata ini memiliki ciri bintik hitam diarea mata yang berwarna oranye. Kelebihan mata ini adalah mentalnya yang tidak mudah menyerah yang tidak takut untuk bertarung sampai mati.

6. Mata Kadal

Ciri mata ini adalah berwarna kuning bercampur dengan hitam. Bola mata hitamnya seperti pecah dan mengalir disekitar bola mata kuningnya. Jika dilihat dari gaya bertarungnya ayam ini lebih santai serta memiliki mental yang lumayan tinggi. Kekurangan untuk mata yang satu ini adalah mentalnya yang tiba-tiba muncul kemudian tiba-tiba menghilang.

7. Mata Kerak

Bentuk mata kerak hampir sama dengan mata kristal, yang membedakan hanya pada mata jenis ini memiliki 4 bintik hitam disekitar bola mata hitamnya. Jenis mata ini mampu bertarung hingga titik darah penghabisannya, tapi terkadang ayam yang memiliki jenis mata ini seringkali kabur dan memiliki mental yang kurang memuaskan.

8. Mata Kristal

Ciri mata ini memiliki bentuk yang hampir menyerupai mata kerak. Kelebihan mata ini adalah memiliki penglihatan yang sangat tajam dan gerakan yang lincah serta semangatnya yang tinggi dan pantang menyerah.

Demikian jenis mata ayam aduan beserta dengan penjelasannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Mengenal Ayam Babon Cetak

2 Comments:

  1. Pingback: Mengenal Ayam Aseel - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Cara Memilih Bentuk Mata Ayam Aduan Juara - TIPS SABUNG AYAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *