Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

Sabung Ayam online – Umumnya di indonesia, ayam yang kita pelihara memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar alias sedang. Tapi diberbagai belahan dunia lain memiliki ayam yang berukuran lebih besar dari ayam yang ada di negara indonesia. Kali ini kita akan membahas seputar jenis ayam yang memiliki tubuh besar.

Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

1. Ayam Sussex

Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

Ayam jenis adalah jenis tertua dan terpopuler di tanah inggris pada saat kerajaan romawi tahun 43 Masehi. Ayam ini memiliki ukuran dan bentuk tubuh gempal seperti ayam yang sangat besar dari kelompok mongoloid pada umumnya. Untuk bobot jantan bisa mencapai 4,1 kg dan untuk betina 3,2 kg.

Ayam sussex memiliki beberapa jenis warna seperti : Kuning (light), merah, merah bata (buff), perak dan warna totol (speckled) dan 1 lagi warna putih, tetapi sangat jarang ditemukan. Ayam sussex termasuk dalam ayam ternak yang memiliki dwi fungsi, sebagai pendaging dan petelur. Ayam betina mampu menghasilkan diantara 180-320 butir telur per tahun.

Ayam sussex merupakan ayam yang jinak dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ayam ini sangat menyukai pekarangan terbuka dan luas yang ditumbuhi banyak rumput. Ayam ini juga digunakan dalam ajang kontes.

2. Ayam Cochin

Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

Ayam cochin berasal dari china dan diekspor ke inggris dan amerika di pertengahan abad ke-19. Ayam cochin memiliki ciri perawakan tubuh yang besar dengan kepala yang memiliki sedikit jengger bilah. Bobot yang dimiliki ayam jantannya bisa mencapai 5kg, sedangkan untuk betina 4kg. Ayam ini memiliki bulu yang sangat lebat hingga menutupi seluruh kakinya.

Dulu, ayam dipelihara sebagai ayam pedaging dan petelur. Namun kini ayam cochin lebih banyak dijadikan ayam hias.

3. Ayam Orpington

Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

Ayam ini berasal dari kota Orpington, Inggris Tenggara. Ras ini diciptakan oleh William Cook pada sekitar tahun 1886 dengan cara menyilangkan varietas ayam langshan, minorca dan plymouth rock dan menjadi salah satu jenis ayam yang memiliki tubuh besar. Ayam ini awalnya didominasi oleh warna hitam. Namun seiring berjalannya waktu muncul warna lain seperti warna merah data, putih, merah dan warna loreng.

Ayam orpington termasuk dalam ras mongoloid yang memiliki postur tubuh besar dan bulat, memiliki dada yang lebar, kepala relatif kecil dengan jengger bilah kecil juga.

4. Ayam Croad Langshan

Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

Ayam croad langshan adalah ayam tertua di china. ayam ini memiliki bentuk tubuh tinggi besar berbentuk U dengan bobot mencapai 5 kg untuk jantan dan 3,5 kg untuk betina. Ayam ini memiliki peran penting dalam dunia ternakan ayam karena menjadi indukan dari banyak jenis varietas, antara lain : marans, barnevelders, orpington, jersey giant dan lain-lain.

Ayam croad memiliki warna hitam yang hampir sama dengan warna bulu ayam sumatra yang diperlengkap warna hijau mengkilap saat terkena sinar matahari. Ayam ini memiliki bentuk kepala kecil dengan jengger bilang berukuran sedang.

5. Ayam Australorps

Jenis Ayam Yang Memiliki Tubuh Besar

Ayam australop merupakan ayam yang dikembangkan di Negri Kangguru atau australia pada sekitar tahun 1890-1900. Indukan utama dari ayam ini adalah orpington yang berasal dari ayam temuan Willian Cook dan Joseph Partington di Inggris. Kemudian ayam orpington dikawinkan dengan ayam rhode island red untuk mendapatkan turunan ayam petelur dengan produktifitas tinggi.

Dengan serangkaian percobaan penyilangan, akhirnya tercipta lah ayam yang dikenal dengan nama Australian Black Orpingtons yang disingkat menjadi Australorps. Ayam Australorps kemudian menjadi pemegang rekor sebagai ayam petelur paling produktif di dunia. Dalam jangka waktu setahun, satu ekor betina australorps mampu menghasilkan telur sebanyak 364 butir.

Dan yang lebih menghebohkan, ayam ini dapat bertelur setiap hari. Ayam ini pun memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, unutkn postur tubuhnya menyerupai ayam orpington, yang membedakannya adalah ayam ini lebih ramping. Bobot dari ayam australorps jantan adalah 4,7 kg, sedangkan untuk betina adalah 4,2 kg. Ayam ini dianggap sebagai salah satu ras terbaik.

Demikian penjelasan mengenai jenis ayam yang memiliki tubuh besar. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Jenis Vitamin Untuk Ayam Aduan

2 Comments:

  1. Pingback: Jenis Ayam Aduan Yang Cocok Sebagai Indukan - Agen Sabung Ayam

  2. Pingback: Mengenal Ayam Plymouth Rock - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *