Fungsi Jengger Dan Jambul Ayam

Ayam jantan mau pun betina, keduanya memiliki Jengger dan jambul diatas kepala yang berwarna merah. Sehingga membuat hewan ini mudah untuk dikenali. Meski begitu, masih banyak orang yang tak tahu fungsi jengger dan jambul ayam ini.

Mengetahu Fungsi Jengger Dan Jambul Ayam

Mungkin Jengger dan jambul terlihat lucu bagi kita, namun keduanya memiliki peran penting bagi kehidupan ayam. Kami ingin berbagi informasi mengenai fungsi gelambir dan jambul ayam ini.

Sebagai Pendingin Suhu Tubuh

Jengger adalah bagian dari sistem pengaturan panas di dalam tubuh ayam. Karena ayam tidak berkeringat, maka pendinginan tubuh untuk ayam dilakukan melalui aliran darah. Jengger dan ayam jambul diisi dengan kapiler dan vena di mana darah panas akan mengalir melewatinya. Darah yang mengalir melalui2 anggota tubuh ini, akan menjadi dingin, yang menyebabkan suhu pada ayam berkurang dan terkontrol. Proses ini memberikan warna merah pada gelambir dan jambul.

Menunjukkan Usia Dan Kematangan Ayam Jantan

Setelah menetas, anak ayam tidak memiliki gelambir dan jambul. Jengger akan muncul di minggu ke-3 usia anak ayam jantan. Jengger yang baru muncul berwarna kekuningan. Menginjak usia minggu ke5-6, gelambir akan mulai berubah warna menjadi merah. Bagi ayam betina, gelambir dan jambul mulai berubah warna merah ketika akan bertelur.

Penunjuk Tingkat Kesehatan

Jengger merupakan salah satu cara untuk menunjukkan tingkat kesehatan pada ayam. Untuk ayam yang sehat, akan terlihat gelambir dan jambul berwarna merah terang tanpa cacat atau tercampur warna lain. Jika terdapat benda asing pada gelambir, harap segera dibawa ke dokter hewan. Karena jika tidak di tangani, akan membawa efek buruk bagi turunan ayam.

Untuk Menarik Lawan Jenis

Biasanya ayam dewasa mempunyai jengger yang lebih besar dari ayam betina. Ayam betina dewasa tertarik pada ayam jantan yang mempunyai jengger tertentu. Bagi ayam jantan dewasa yang mempunyai jengger lembek, atau tidak memiliki jengger, kelihatan tidak menarik bagi ayam betina. menurut penelitian, ukuran jambul ayam berkaitan dengan jumlah hormon testoteron dalam tubuh ayam jantan tersebut.

Selain mengetahui fungsi jengger dan jambul ayam, anda juga harus mengetahui kegunaan sayap ayam, kami mengulasnya dalam artikel lain. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda.

Jika anda pecinta ayam aduan atau menyukai permainan adu ayam, kami merekomendasikan 12onlinegaming agen sabung ayam online, anda bisa menyaksikan permainan sabung ayam dari seluruh dunia, seperti Filipina. Daftar segera dan dapatkan bonus 100% dengan kemenangan 7x beruntun.

Baca Juga : Tips Memotong Jengger Ayam Aduan 

One Comment:

  1. 12onlinegaming
    Situs taruhan online terpercaya yang menyediakan berbagai permainan seru dan menarik.
    Serta menawarkan banyak promo dan bonus, seperti:
    -Bonus deposit 10%
    -Jackpot winning bonus 100% ,win7x beruntun
    -Cashback mingguan 5%
    -Cashback turn over 0.3-1%
    -Komisi rollingan 0.8%
    -Komisi sportsbook up to 1%
    -Bonus Referral 5% (dengan mengajak teman melakukan deposit)
    *Min.depo hanya 20.000
    *Bank Supoort BNI,BRI,BCA, MANDIRI
    Info lebih lanjut www,12onlinegaming,org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *