Empat Macam Taji Ayam Aduan yang Mematikan

Bagi para para peternak ayam atau juragan ayam aduan, memelihara ayam bukanlah hal yang mudah dilakukan. Kerap sekali terjadi adanya perlawanan dari sang ayam disaat kita ingin memberi vaksin atau ingin memandikannya.

Ayam Jantan memiliki senjata disebut dengan Taji yang terletak pada bagian kaki untuk melindungi diri dari hal-hal yang membuat sang ayam jantan merasakan bahaya.

Tetapi taukah anda, setiap jenis ayam memiliki empat macam Taji yang berbeda-beda untuk melindungi diri dari bahaya.

Mari kita simak berikut ini :

  1. Taji Lepek

    kaki ayam taji lepek
    Jenis ayam yang memiliki Taji Lepek sebenarnya seperti tidak mempunyai Taji. Jenis Taji Lepek hanya seperti biji jagung jika diperhatikan, namun jenis taji ini memiliki pukulan tumpul yang berbahaya jika mengenai bagian titik saraf ayam lawan.
    Menurut para bobotoh, jenis taji ini termasuk taji yang berbahaya disaat ingin menyelenggarakan sabung ayam.

  2. Taji Kumet

    kaki ayam taji kumet
    Jenis Taji Kumet hampir sama dengan Taji Lepek, namun Taji Kumet seperti biji kacang almond dan lebih besar sedikit dibandingkan denga Taji Kumet.
    Namun jenis Taji Kumet sama berbahaya-nya dengan Taji Lepek jika taji tersebut mengenai saraf ayam lawan, akan tumbang seketika jika sudah terkena pukulan oleh ayam aduan yang memiliki jenis Taji Kumet tersebut.

  3. Taji Sangket

    kaki ayam taji sangket
    Jenis Taji Sangket memiliki bentuk yang mirip dengan pedang arab. Taji Sangket termasuk jenis yang paling berbahaya karena bentuknya yang tajam dan panjang, jika ayam lawan tertancap taji ini, sudah dipastikan ayam lawan tersebut akan tumbang dalam beberapa saat.
    Taji Sangket masih bisa bertumbuh dengan cepat dan lebih panjang yang menghadap ke atas dan melengkung hingga menyerupai pedang arab.

  4. Taji Cantel

    kaki ayam taji cantel
    Bentuk dari Taji Cantel seperti bait pancingan, namun tidak sepanjang Taji Sangket. Jika taji ini yang mematikan karena jika lawan ayam tertancap taji ini, akan terkoyak dan mengalami pendarahan cukup parah.

Itulah empat jenis Taji ayam aduan yang mematikan menurut para bobotoh sabung ayam profesional.

Baca Juga : Melatih Otot Ayam Birma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *