Ciri Ekor Ayam Aduan Berkualitas

Sabung Ayam Online – Ekor pada ayam ternyata bukan hanya sekedar untuk mempercantik ayam. Ekor ayam memiliki fungsi sebagai penyeimbang ayam untuk mengarahkan gerakan dan arah pukulan ayam agar jadi lebih kuat dan akurat. Kali ini kita akan membahas ciri ekor ayam aduan berkualitas.

Ekor mempunyai tugas untuk membantu stabilitas dan juga pengarah gerakan. Tulang ekor yang besar, kuat dan rapat akan membuat ekor berfungsi dengan baik agar membantu ayam membalik badan dan memutar badan serta menghindar. Berikut adalah ciri ekor ayam aduan berkualitas :

Ciri Ekor Ayam Aduan Berkualitas

Ciri ekor yang bagus adalah umumnya berbentuk kuncup tajam dan panjang serta menurun kebawah, selain itu juga harus memiliki tulang ekor besar,rapat,dan kuat.

1. Tulang Ekor

• Tulang ekor ayam aduan tidak sempit dan kecil. Tulang ekor masih bisa dibilang baik asalkan terasa keras dan kuat saat diraba.

• Tulang ekor yang terlalu besar juga memiliki kelemahan karena gerakan ekornya menjadi kaku dan gerakannya tidak bervariasi.

• Memiliki tulang ekor yang kuat,besar dan rapat. tulang ekor yang buat ditandai dengan tulang pangkal ekor yagn berukuran besar dan kuat

2. Bentuk Ekor

• Bentuk ekor ayam harus memiliki kuncup, terarah lurus panjang dan menurun kebawah.

• Bentuk ekor yang kecil lebih gesit dibandingkan dengan ekor yang terbuka lebar. Ayam yang memiliki ekor terbuka lebar serta pendek lebih banyak ditemukan pada betina. Sedangkan pada jantan memiliki ekor yang sempit dan panjang.

3. Tulang Capit Kloaka

• Tulang ini terletak dibawah anus, ayam aduan yang berkualitas harus memiliki tulang kloaka yang rapat, keras dan kuat.

• Semakin kecil tulang capit, maka semakin jarang serangan yang dilakukan oleh ayam. Tulang capit yang kecil jarang menyerang lawannya pada saat diadu, karena jumlah pukulannya yang sedikit.

• Jika tulang capit pada ayam kecil, maka ayam aduan memiliki pola beruntun atau dapat memukul berkali-kali dalam 1 kali serang.

Demikian artikel tentang ciri ekor ayam aduan berkualitas. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Cara Budidaya Ayam Hutan Hijau

One Comment:

  1. Pingback: Ciri Ayam Aduan Paling Garang - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *