Cara Merawat Jalu Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Taji/Jalu pada ayam mengambil peran penting dalam pertandingan sabung ayam. Semakin kuat dam tajam tajinya, maka semakin menguntungkan si ayam, akan tetapi semua itu kembali kepada si ayam itu sendiri dan para botoh yang melatihnya. Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat jalu ayam aduan.

Selain berfungsi sebagai senjata bagi ayam, jalu juga dapat untuk mempercantik penampilan pada ayam aduan. Taji merupakan suatu kebanggaan bagi para botoh, akan tetapi setiap jenis ayam memiliki taji yang berbeda-beda, jika ayam dilatih dan mendapat perhatian khusus, maka dijamin ayam bisa menjadi pemenang.

Cara Merawat Jalu Ayam Aduan

Dalam perihal merawat jalu ayam, terdapat 2 cara yang biasa dipakai oleh para botoh, yaitu cara untuk mempercepat pertumbuhan jalu dan cara meruncingkan jalu pada ayam diantaranya sebagai berikut :

Cara Mempercepat Pertumbuhan Jalu

1. Pada saat ayam berumur 5-6 bulan, jalu yang belum tumbuh dengan sempurna dikupas dan dibersihkan pinggiran jalu tersebut dengan menggunakan amplas agar pertumbuhan jalu tidak terhambat. Kegiatan ini harus dilakukan secara kontinu dan harus melakukan pengontrolan agar pertumbuhan jalu terpantau.

2. Berikan belimbing wuluh pada pangkal jalu untuk merangsang pertumbuhan jalu pada ayam.

3. Oleskan jalu dengan bawang putih atau kunir untuk membuat jalu lebih keras dan kokoh.

4. Pangkal jalu dikorek dengan menggunakan kuku, arahkan sesuai keinginan. setelah itu diolesi dengan mentega. Hal ini membuat jalu tumbuh cepat dan besar.

Cara Meruncingkan Jalu

1. Usahakan dalam peruncingan jangan terlalu dekat dengan kaki ayam karena bisa mengakibatkan jalu patah.

2. Bentuklah jalu ayam selaras dengan jari kelingking ayam karena lebih mudah dalam mengenai lawan.

3.Saat ingin meruncingkan jalu ayam, gunakan alat yang tajam agar mudah untuk menyayat jalunya. Biasanya menggunakan cutter.

4. Jangan dibiasakan meruncingkan jalu ayam pada saat ayam mau bertanding. Karena jika setelah diruncingkan membuat ayam linu yang mengakibatkan ayam menjadi tidak fit dalam bertanding.

5. Pada saat meruncingkan taji harus berhati-hati jangan sampai melukai kulit ayam .

Demikian pembahasan mengenai cara merawat jalu ayam aduan. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Khasiat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan

2 Comments:

  1. Pingback: 10 Sifat Ayam Bangkok Berkualitas Tinggi - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Mengenal Ayam Bangkok Jalu Renteng - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *