Cara Merawat Anakan Ayam Agar Cepat Besar

Sabung Ayam Online –  Jika kita berbicara mengenai ayam bangkok memang tidak ada habisnya. Untuk mendapatkan anakan ayam berkualitas harus memilih indukan dan pejantan yang berkualitas juga, akan tetapi itu saja tidak cukup. Kita harus melakukan perawatan pada anakan nya juga agar kualitasnya lebih terjamin. Berikut adalah cara merawat anakan ayam agar cepat besar.

Cara Merawat Anakan Ayam

Cara Merawat Anakan Ayam Agar Cepat Besar

Anakan ayam harus diberi perawatan sejak dini karena perawatan yang tepat akan membuat anakan tumbuh lebih cepat bahkan lebih besar dari paceknya atau bisa mencapai ukuran 7 sampai 8. Berikut adalah cara merawat anakan ayam agar cepat besar :

1. Kandang Ayam

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tentang kandang ayam. Anakan ayam yang bar lahir pada usia 3 hari masih dalam kondisi yang rentan mati. Untuk perawatan pada masa tersebut harus dilakukan secara hati-hati untuk mencegah kematian pada ayam.

Hal yang terpenting dalam perawatan anak ayam adalah menjaga suhu dalam kandang tetap hangat.Kita harus membuat anakan ayam bisa beradaptasi baik dengan lingkungannya. Untuk menjaga suhu kandang tetap hangat secara alami dapat dilakukan oleh induk babon ayam dengan menempatkan babon bersama anak-anaknya. Kita juga bisa menggunakan bohlam untuk mengatur suhu kandang, untuk ukuran kandang postal, sebaiknya menggunakan bohlam 5 watt.

Kita juga harus memperhatikan sirkulasi udara pada kandang ayam. Sebaiknya kandang memiliki rongga udara yang dapat untuk mencegah aliran udara berlebihan karena udara yang berlebihan bisa mengakibatkan anak ayam mati karena bibit penyakit.

2. Pakan Ayam

Pemberian pakan pada anakan ayam juga harus diperhatikan. banyak yang beranggapan bahwa anakan berusia 1-2 hari cukup diberi air saja. Kita bisa memberikan pur kepada anakan ayam secukupnya. Untuk menghemat pengeluaran, pakan dapat dicampur dengan bekatul dengan perbandingan 4:1.

3. Suplemen Tambahan

Setelah anakan ayam sudah menginjak usia 1 bulan, anakan ayam boleh diberikan komposisi yang berbeda. Para botoh biasa menggunakan campuran pakan pur dan susu bubuk bayi dengan pebandingan 5:1.

4. Cabut Bulu

Bulu yang tumbuh pada anakan ayam bisa menguras nutrisi gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh anakan. Karena itu sebaiknya potong sebagian dari bulu anakan ayam. Bagian bulu yang harus dipotong adalah bagian sayap dan ekor. Saat usia ayam sudah mencapai 2 bulan, setelah bulu bagian punggung dan leher mulai rontok, bulu yang tersisa harus segera dibuang, terutama bagian dada dan pahanya.

5. Perawatan Intensif

Perawatan pada ayam pada saat usia 6 bulan atau sampai bulu rawis dan leher tumbuh, sebaiknya dibiarkan dalam kandang saja. Hal ini berguna untuk menghindari energi ayam hilang karena terlalu banyak bermain. Jika ingin membiarkan ayam bermain, berikan waktu tidak lebih dari 30 menit tiap harinya.

Demikian pembahasan mengenai cara merawat anakan ayam agar cepat besar. Semoga bermanfaat.

Bagi sobat sabung yang ingin bermain Sabung Ayam Online, bisa mengunjungi situs kami di 12onlinegaming untuk mendaftar dan mengetahui seputar informasi tentang kami.

 

Baca juga : Mengenal Ayam Aduan Ganoi

7 Comments:

  1. Pingback: Syarat Ayam Aduan Untuk Menjadi Juara - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Obat Dan Vitamin Untuk Ayam - Panduan beternak ayam

  3. Pingback: Cara Membedakan Jenis Kelamin Ayam - Agen Sabung Ayam Online

  4. Pingback: Cara Merawat Ayam Aduan Sejak Dini - TIPS SABUNG AYAM

  5. Pingback: Merawat Ayam Aduan Saat Musim Hujan - Agen Sabung Ayam Online

  6. Pingback: Cara Pemberian Pakan Untuk Anakan Ayam - Agen Sabung Ayam Online

  7. Pingback: Tips Merawat Anakan Ayam Tanpa Induk - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *