Cara Mengobati Bubul Pada Ayam Aduan

Sabung Ayam Online – Cara mengobati bubul pada ayam aduan pun perlu langkah-langkah yang tepat agar infeksi tidak bertambah parah.

Bubul adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang memasuki melalui luka goresan, lecet dan iritasi pada kaki dan infeksi menyebabkan penuh dengan nanah.

Penyakit bubul sering terjadi pada seluruh species unggas diseluruh dunia. Karena infeksi ini cukup umum bagi para ayam aduan, karena ayam aduan sering mengalami luka-luka yang didapatkan melalui pertarungan sabung ayam.

Bubul pada ayam memang sangat menganggu aktivitas bagi para ayam aduan yang tengah berlatih dalam sabung ayam, sehingga membuat ayam berjalan pincang yang disebabkan oleh bubul ayam.

Penyebab terjadinya penyakit bubul karena kaki ayam jarang dibersihkan, alas kandang yang kotor atau lembab, telapak kaki ayam terluka dan tidak dirawat.

Ayam aduan yang terkena bubul memang sulit diobati dikarenakan bubul terus berkembang walaupun luka hanya sedikit. Karena bubul terletak di telapak kaki, bubul akan mudah kambuh dan berkembang lagi.

Beberapa Macam Cara Mengobati Bubul Pada Ayam Aduan

1. Garam dan Deterjen

Langkah pertama disaat ayam aduan baru terkena bubul, siapkan garam, deterjen, ember dan lumpur.

Letakkan lumpur didalam ember, lalu tuangkan air deterjen secukupnya dan tuangkan garam. Lalu letakkan kaki ayam anda didalam ember yang berisi lumpur tersebut, bubul ayam akan mengering dalam beberapa jam.

2. Obat Kutil

Obat Kutil banyak dijual didalam apotik dimanapun. Cara menggunakannya, bersihkan telapak kaki ayam terlebih dahulu sampai bersih, kemudian oleskan alkohol, lalu oleskan obat kutil dibagian inti bubul lalu diperban.

Lakukan langkah ini setiap hari dan rutin setelah memandikan ayam dipagi hari.

3. Counterpain

Biasanya obat ini digunakan untuk meredakan otot nyeri, pegal-pegal, namun bisa digunakan untuk mengobati bubul pada ayam.

Cukup oleskan pada telapak kaki ayam yang terkena bubul, lalu tunggu sekitar 5-7 menit hingga krim menempel dan kering, kemudian masukkan ayam kedalam kandang dan jangan lupa harus menggunakan alas terbuat dari jerami.

4. Paku Bakar

Jika pengobatan tidak berhasil, banyak para juragan ayam aduan menggunakan cara ini dengan membakar paku yang berukuran sama dengan bubul ayam, lalu ditempelkan ke inti bubul pada telapak kaki hingga ayam merasakan kepanasan sambil menghentakkan kakinya. Banyak yang beranggapan jika luka dipanaskan, bakteri akan mati dan luka mengering.

5. Membedah

Ini merupakan cara terakhir jika bubul pada ayam jika sudah terlanjur parah dan membengkak. Operasi bedah sangat mudah dilakukan, hanya membutuhkan silet baru, alkohol, kapas, kain atau perban, jarum benang dan betadine.

Langkah pertama untuk melakukan bedah bubul ayam yaitu:

1. Gunakanlah seperti baju anak kecil dan pakaikan ke ayam agar si ayam tidak bisa mengepakkan sayapnya saat operasi bedah berlangsung.

2. Peganglah kaki ayam dan menghadap ke atas, lalu sterilkan dengan alkohol.

3. Bubul ayam yang sudah disterilkan dengan alkohol kemudian diiris menyilang seperti huruf X dengan menggunakan pisau silet yang baru.

4. Tekan bubul yang sudah diiris hingga semua nanah keluar, jika berdarah bersihkan dengan kapas.

5. Setelah isi nanah pada bubul sudah keluar semua, tuangkan betadine secukupnya pada luka bubul bekas sayatan.

6. Jika sayatan terlalu besar, sebaiknya dijahit menggunakan jarum dan benang.

7. Setelah itu tutup luka sayatan menggunakan kain kasa atau perban, biarkan selama seminggu dan jika luka belum mengering, oleskan betadine pada luka sayatan hingga luka benar-benar sembuh secara rutin.

8. Letakkan ayam pada kandang yang sudah beralas dengan menggunakan jerami, tidak boleh diletakkan pada alas yang kotor.

Demikianlah langkah-langkah di atas Cara mengobati bubul pada ayam aduan memerlukan langkah-langkah yang tepat agar ayam aduan cepat sembuh dan dapat bertanding kembali.. Selalu perhatikan kebersihan kandang dan jauhkan benda-benda tajam agar ayam tidak terluka dan terinfeksi.

 

Baca juga : 5 Warna Ayam Aduan Yang Tidak Populer

3 Comments:

  1. Pingback: Jenis Jenis Penyakit Ayam - Agen Sabung Ayam Online

  2. Pingback: Tips Mengobati Paruh Ayam Aduan Yang Lepas - Agen Sabung Ayam

  3. Pingback: Obat Untuk Penyakit Bubul Ayam Aduan - TIPS SABUNG AYAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *