Cara Mengatasi Lalat Pada Kandang Ayam

Sabung Ayam Online – Siapa yang tidak kenal dengan serangga yang satu ini ? serangga yang suka hinggap di tempat-tempat berbau busuk, bahkan pada makanan kita, dan sering kali membawa banyak bakteri penyebab muntaber. Bayangkan jika sampai ayam aduan kesayangan kita terkena penyakit- penyakit yang disebabkan oleh lalat, pastinya kita tidak mau. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasi lalat pada kandang ayam.

Kandang ayam merupakan tempat favorit bagi lalat karena di dalam kandang ayam terdapat banyak kotoran ayam. Jika tidak dibersihkan maka akan mengakibatkan kesehatan ayam terganggu. Kebersihan kandang ayam adalah kunci sehatnya ayam aduan. Sebelum membahas cara mengatasi lalat pada kandang ayam, kita akan membahas penyebab lalat bersarang di kandang ayam.

Penyebab Lalat Bersarang di Kandang Ayam

1. Lingkungan sekitar kandang ayam yang kotor, misal terdapat bangkai ayam atau binatang lain yang tidak dikubur dengan benar dan sampah-sampah berserakan.

2. Kondisi pada kandang ayam lembab. Lalat sangat menyukai lingkungan yang lembab,dan biasa digunakan untuk berkembang biak, terutama feses yang masih basah.lembab.

3. Berasal dari ayam yang sakit. Ayam yang sakit biasa tidak bisa mencerna makanannya dengan baik sehingga menyebabkan feses ayam menjadi lebih basah dan berisi amoniak tinggi yang disukai oleh lalat sehingga membuat lalat  berkembang biak.

4. Penyimpanan dan pemberian pakan yang sembarangan, tidak sesuai dengan prosedur. Jika pakan banyak yang berceceran dan terkena air dapat mengundang lalat.

5. Bagian dalam kandang yang kotor dan tidak dibersihkan secara rutin bisa mengundang lalat datang, karena jika dibiarkan begitu saja akan menjadi lembab dan bau.

Berikut adalah cara mengatasi lalat pada kandang ayam :

Cara Mengatasi Lalat Pada Kandang Ayam :

1. Basmi lalat dewasa beserta larvanya agar sirkulasi hidup lalat terhentikan atau minimal paling tidak menurunkan jumlah populasi lalat.

2. Taburkan zeolit pada kotoran ayam yang ada pada kandang.

3. Ganti alas kandang secara kontinu untuk mencegah kelembaban pada kandang ayam.

4. Menyemprotkan disinfektan secara rutin.

5. Kandang beserta alat-alat makan pada ayam dibersihkan setiap hari secara rutin.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi lalat pada kandang ayam. Semoga bisa bermanfaat bagi penghobi sabung ayam sekalian.

 

Baca juga : Manfaat Gula Merah Untuk Ayam Aduan

One Comment:

  1. Pingback: Khasiat Daun Binahong Untuk Ayam Aduan 12sabungayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *