Berbagai Macam Jenis Pakan Ayam

Sabung Ayam Online – Pakan merupakan peranan penting untuk menunjang keberhasilan dalam beternak. Dan mendapatkan hewan ternak yang berkualitas. Khususnya jika anda memiliki ayam bangkok untuk di adu, tentu harusnya memberikan pakai yang berkualitas agar ayam aduan anda menang di setiap arena. pakan yang baik haruslah pakan yang memenuhi nutrisi dan vitamin. Untuk itu kali ini kami akan membagikan kepada anda berbagai macam jenis pakan ayam untuk ayam kesayangan anda.

Inilah Berbagai Macam Jenis Pakan Ayam

1. Dedak Padi

dedak padi berbagaim macam jenis pakan

Dedak padi merupakan kulit padi yang di giling halus,biasanya ada campuran sedikit beras yang tergiling bersama kulit padi. Kandungan serat dalam dedak padi sekitar 11-12%. Oleh karena itu untuk anakan ayam perlu dibatasi. Kandungan serat yang tinggi tidak baik untuk anakan ayam karena sulit untuk di cerna. Pemberian dedak padi ini di campurkan dengan air 1 : 1agar tidak terlalu kering.

2. Jagung

jagung berbagai macam jenis pakan

Jagung memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang tinggi. para peternak menjadikan jagung sebagai pakan utama. Jenis jagung yang diberikan adalah jagung putih,jagung kuning dan jagung merah. Jagung kuning merupakan jagung yang paling bagus. Nutrisi serta pro vitamin yang ada pada jagung sangatlah baik untuk ayam juga, dan juga mudah untuk di cerna.

3.Pollard

pollard berbagai macam jenis pakan

Pollard hampir sama dengan dedak pagi. Hanya saja dedak ini terbuat dari kulit gandum yang digiling halus. Kandungan protein,lemak dan serat pada pollard untuk pertumbuhan ayam. Namun perlu dibatasi untuk pemberian pakan ini, karena kandungan energi yang cukup tinggi yang terdapat dalam pollard bisa menyebabkan ayam mencret.

4. Tepung Ikan

tepung-ikan berbagai macam jenis pakan

Tepung ikan ini hasil olahan ikan yang dikeringkan kemudian di giling sampai halus. Anda bisa membuatnya dari ikan yang sudah tidak bisa anda konsumsi. Tepung ikan mengandung mineral yang baik untuk pertumbuhan ayam ternak anda.

5. Tepung Keong Mas

keong-mas berbagai macam jenis pakan

Jika anda tinggal dekat area persawahan. Sangat mudah mendapatkan pakan ini. Cara membuat tepung keong ini dengan direbus dan dikeringkan lalu di giling sampai halus.
Kandungan protein pada keong mas sangat bagus ternak anda.

6. Pellet

pellet berbagai macam jenis pakan

pakan ini jenis yang sangat disukai ayam. Anda bisa dengan mudah membeli pakan ini. Pemberian pakan ini lebih mudah karena langsung diberikan pada ayam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Juga lebih hemat dan efisien dibandingkan dengan pakan jenis tepung. Namun pellet tidak tidak cocok untuk anakan ayam.

7. Tepung Tulang

tepung tulang berbagai macam jeni spakan

Untuk mendapatkan tepung tulang, anda bisa mengumpulkan tulang-tulang ayam atau tulang hewan lainnya. Untuk membuat tepung tulang caranya anda harus merebus terlebih dahulu, lalu keringkan dan di giling sampai halus. Kandungan fosfor dan kalsium pada tulang sangat bagus untuk pembentukan sendi dan tulang ternak ayam anda. Sangat bagus jika anda yang memiliki ayam bangkok aduan, maka berikanlah pakan ini agar menang di arena aduan.

Sebenarnya masih banyak lagi berbagai macam jenis pakan untuk ayam. Namun itulah berbagai macam jenis pakan untuk ayam agar ayam anda tumbuh dengan kualitas yang bagus.
Sehingga jika di jual pun harganya akan lebih mahal dari ayam-ayam pada umumnya. Dan jika untuk ayam aduan, tentu akan membuat ayam anda tidak kalah bersaing di arena.

Baca Juga : Mencari Penghasilan Tambahan Di Agen Sabung Ayam Online