7 Warna Bulu Ayam Bangkok Unggulan

Sabung Ayam Online – Banyak faktor yang dapat menentukan kualitas ayam aduan, salah satunya adalah warna bulu ayam. Bagi kita yang tidak tahu mungkin akan merasa bingung mengapa harus memilih ayam petarung berdasarkan warnanya. Berikut adalah 7 warna bulu ayam bangkok unggulan.

7 Warna Bulu Ayam Bangkok Unggulan

Umumnya terdapat 7 warna bulu ayam bangkok yang dipercaya memiliki kekuatan super yang mana dapat mengalahkan lawannya hanya dengan sekali pukul. Warna-warna bulu ayam bangkok unggulan adalah sebagai berikut :

1. Wiring/Biring

Wiring/biring adalah warna yang didasarkan hitam dengan campuran rawis kukus yang terletak dibagian leher dan ekor ayam. Umumnya wiring/biring terbagi menjadi 2 jenis, yaitu wiring kuning dan wiring galing. Wiring kuning adalah ratunya petarung ayam, sesuai dengan namanya, ayam ini memiliki bulu yang dominan berwarna rawis kuning keemasan. Kaki dan paruhnya berwarna kuning. Ayam ini memiliki daya pukulan yang sangat keras dan tahan terhadap pukulan yang keras. Wiring galing/merah adalah jenis ayam petarung kelas 1 dalam katuranggan ayam bangkok, karena itu harga jual ayam ini sangat tinggi. Ayam ini dinobatkan sebagai rajanya petarung ayam. Prinsip ayam ini adalah lebih baik mati di arena tanding dibanding jadi pecundang.

2. Wangkas/Merah

Wangkas adalah jenis bulu ayam aduan yang paling populer di dunia sabung ayam. Bulu ayam ini memiliki warna dasar kuning bercampur dengan sedikit warna merah. Konon dikatakan jika kita memiliki ayam jenis seperti ini maka ayam tersebut dikatakan memiliki kekuatan super. Jenis ini terbagi menjadi 2 yaitu, Wangkas Kuning yang warna bulunya kuning sedikit keemasan dan wangkas geni dengan warna merah sedikit gelap.

3. Brumbun

Brumbun/blorok memiliki warna putih dengan perpaduan corak hitam. Jenis bulu ini dikatakan manjur dalam bertarung dan sering menang dalam pertandingan. Brumbun umumnya memiliki 2 jenis yaitu Brumbun Madu yang memiliki bulu berwarna putih dipadu dengan warna hitam,hijau,dan merah, Brumbun Jalak memiliki warna putih yang lebih dominan dengan campuran warna hitam dan sedikit merah.

4. Jragem/Hitam

Sesuai dengan namanya, warna bulu jenis ini adalah hitam pekat. Pada seluruh tubuh ayam ini terlihat hitam meskipun pada kakinya hanya terdapat sedikit warna hitam. Sekarang ini ayam dengan jenis bulu jragem sangat sulit ditemui atau bisa dibilang langka keberadaannya.

5. Klawu/Kelabu

Klawu memiliki warna berdominan abu-abu dengan sedikit warna hitam. Ayam ini memiiki bobot pukulan yang kuat serta lincah dalam pergerakkannya. Terdapat 2 jenis klawu yaitu klawu geni yang warna bulunya dikombinasikan dengan warna merah dan klawu kethek yang berwarna abu-abu agak gelap.

6. Jali/Blirik

Jenis bulu jali memiliki warna yang hampir sama dengan warna blorok, hanya saja warna jenis jali memiliki pola bintik atau garis. Banyak orang yang mengatakan bahwa jenis yang 1 ini sangat sulit untuk ditemui. Banyak para penggemar ayam aduan memburu ayam jenis ini karena  harga nya yang sangat tinggi dipasaran dan konon jenis ayam ini menyimpan banyak cerita mistis.

7. Putih

Warna jenis ini adalah putih terang yang membuat aura sang ayam terlihat terang dibanding ayam jenis lain. Walau memiliki kaki yang berwarna kuning, akan terlihat sedikit warna putih padam pada kakinya.

Demikian penjelasan tentang 7 warna bulu ayam bangkok unggulan. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Mengenal Ayam Aseel

One Comment:

  1. Pingback: Teknik Pukulan Depan Ayam Aduan - Agen Sabung Ayam Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *